Breaking

Solusi Suara Surround Saluran Tidak Berfungsi di Windows 10

Pemutakhiran Windows 10 dari versi Windows sebelumnya adalah gratis dan banyak pengguna memilih untuk memutakhirkan, setiap kali Anda meng-upgrade kemungkinan akan ada konflik dan masalah kompatibilitas yang paling umum dengan driver yang sebelumnya Anda miliki yang dirancang dan dikembangkan untuk sistem operasi sebelumnya.

Windows 10 mendukung sebagian besar aplikasi dan driver yang sebelumnya diinstal tetapi Anda mungkin perlu memutakhirkannya. Saluran suara surround yang tidak berfungsi di Windows 10 adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh pengguna yang ditingkatkan ke Windows 10. Pengguna mendapatkan suara dasar dari speaker depan; Namun, mereka tidak mendapatkan suara apa pun dari speaker belakang.

Biasanya, masalah ini lazim dalam sistem yang memiliki kartu suara 5.1 Realtek. Karena kartu suara 5.1 Realtek bekerja dengan baik di Windows 7 dan 8.x, pengguna mencari ke Microsoft untuk solusi untuk masalah ini. Personil dukungan Microsoft mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan masalah ini. Namun, Microsoft masih belum memberikan perbaikan.

Pembaruan: Setelah lebih dari dua tahun, suara surround masih sebagian rusak di Windows 10. Bahkan jika perbaikan diterapkan pada build 10586.1 dan build 10586.3, masalah masih sebagian tetap. Saat ini, masalah ini hanya memengaruhi suara surround yang disandikan dalam waktu nyata seperti game atau DTS Live. Trek surround pra-rekam seperti yang ditemukan pada DVD dan Blu Rays sekarang bekerja dengan baik di bawah Windows 10. Dengan teknologi suara baru seperti Dolby Atmos dan Sonic, Microsoft tidak mungkin untuk pernah merilis tambalan resmi untuk masalah 5.1 surround untuk Windows 10 Microsoft sekali lagi menggunakan keusangan yang direncanakan untuk memaksa konsumen bermigrasi ke Sonic dan Atmos. (Sumber :https://appuals.com/)

Sementara kami menunggu Microsoft untuk merilis perbaikan resmi untuk masalah ini, mari kita membahas beberapa solusi yang memungkinkan pengguna untuk memperbaiki masalah surround saluran mereka pada Windows 10. Harap ikuti setiap metode secara berurutan sampai Anda menemukan perbaikan yang cocok untuk Anda.

Metode 1 : Solusi Suara Surround Saluran Tidak Berfungsi di Windows 10

1. Tekan tombol Windows + R dan ketik "mmsys.cpl" Pada kotak open. Tekan Enter untuk membuka kotak dialog Sound.
Solusi Suara Surround Saluran Tidak Berfungsi di Windows 10

2. Buka tab Playback, pilih speaker surround 5.1 Anda dan klik Properties.
3. Di Speaker Properties, buka tab Enhancement dan hapus centang pada kotak di sebelah Disable all sound effects (Nonaktifkan semua efek suara). Kemudian, Gulir ke bawah ke menu di bawah ini dan centang kotak di sebelah Speaker Fill. Tekan Apply untuk menyimpan konfigurasi.
4. Restar perangkat Anda dan lihat apakah Anda dapat mendengar suara dari speaker belakang Anda.

Jika memiliki masalah yang sama, pindah ke metode selanjutnya.

Metode 2: Mengubah Format Audio ke 24/96
Metode berikut ini sangat efektif jika audio Anda dikeluarkan melalui S / PDIF. Beberapa pengguna telah berhasil mengaktifkan suara surround 5.1 setelah mengubah format audio menjadi 24 bit, 96000 Hz. Ini juga terbukti efektif dengan pengguna yang kesulitan mengaktifkan Dolby Direct Live. Ikuti langkah-langkah di bawah ini o ubah format audio ke 24/96:

1. Tekan tombol Windows + R dan ketik "mmsys.cpl". Tekan Enter untuk membuka kotak dialog Sound.
2. Buka tab Playback, pilih speaker surround 5.1 Anda dan klik Properties.

3. Selanjutnya, buka tab Advanced dan gunakan menu drop-down di bawah Default Format untuk mengubah format audio menjadi 24 bit, 96000 Hz (Kualitas Studio). Tekan Apply untuk menyimpan modifikasi Anda.
4. Restar perangkat Anda dan lihat apakah surround saluran 5.1 sekarang berfungsi. Jika tidak ada yang berubah menjadi lebih baik, pindah ke metode berikutnya.

Metode 3: Menghapus Instalasi Driver Audio Windows
Beberapa pengguna telah memperbaiki masalah ini dengan menghapus instalan driver suara dari Device Manager. Ini akan memaksa Windows untuk menginstal ulang driver dan sering kali secara otomatis akan menginstal versi yang lebih baru. Inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Tahan Tombol Windows dan Tekan X dan pilih Device Manager.
2. Klik dua kali input dan output Audio untuk menampilkan sub-item. Klik kanan pada perangkat yang diinstal satu per satu, dan klik Uninstall. Klik OK di dialog Confirm Device Uninstall.
3. Setelah menghapus penginstalan driver perangkat lama, klik Scan for hardware changes (Pindai perubahan perangkat keras) dari tab Action.
Windows 10 akan mencoba menginstal driver untuk perangkat audio Anda secara otomatis pada reboot berikutnya. Jika diminta, klik Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui, dan biarkan Windows 10 menginstal driver. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan bisa mendapatkan suara surround 5,1 Anda kembali setelah menginstal ulang drive audio.

Catatan: Jika Windows tidak secara otomatis mengunduh dan menginstal driver audio, Anda harus pergi ke situs web produsen kartu suara onboard Anda dan secara manual mengunduh driver (untuk Realtek onboard, unduh Driver Audio Definisi Tinggi dari sini). Setelah itu, periksa audio Anda dan lihat apakah suara surround 5.1 bekerja.

Jika Anda masih belum mendapatkan sinyal ke speaker belakang, Anda tidak perlu melakukan apa pun selain membeli speaker dengan teknologi terbaru (didukung oleh Atmos atau Sonic) atau membeli kartu suara 5.1 khusus yang dikenal berfungsi dengan baik di Windows 10 ( tidak banyak). Solusi yang lebih putus asa adalah kembali ke Windows 8.1 atau Windows 7, ketika 5.1 mengelilingi saluran di mana didukung sepenuhnya.

No comments:

Post a Comment