Breaking

Top 5 daftar Bootable USB Tools untuk Sistem Operasi Windows

Pada artikel ini, kami telah membuat daftar dari 5 alat USB bootable teratas untuk sistem operasi Windows. Anda dapat membuat file ISO untuk sistem operasi Windows yang berbeda, distro Linux, dan juga membuat drive Linux Live USB. Semua alat USB yang dapat di-boot ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Salah satu metode paling umum untuk menginstal sistem operasi pada komputer adalah membuat media yang dapat di-boot. kita juga dapat menginstal OS menggunakan fitur-fitur inbuilt, misalnya, opsi Reset hadir di Microsoft Windows 8 dan yang lebih baru. Untuk itu, sistem operasi yang sudah berjalan pada laptop/komputer anda adalah prasyarat. Di sisi lain, itu tidak terjadi pada media yang dapat di-boot, anda juga dapat menggunakannya bahkan jika komputer anda tidak memasang sistem operasi sama sekali(belum terinstal windows).

Dulu, kami membuat media yang dapat di-boot menggunakan CD / DVD atau drive USB. Namun, yang pertama telah menjadi usang karena teknologi mundur daripada media bootable USB drive berbasisini. Sekarang, ada banyak alat yang tersedia untuk membuat drive USB yang dapat di-boot ini menggunakan file gambar ISO dari sistem operasi yang diinginkan.
Top 5 Bootable USB Tools untuk Sistem Operasi Windows
5 alat USB bootable teratas untuk sistem operasi Windows:

1. Rufus
Top 5 daftar Bootable USB Tools untuk Sistem Operasi Windows
Rufus meripakan alat yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll.
Rufus sangat berguna bagi kasus dimana:

  • Anda dapat membuat media instalasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dll.)
  • Anda dapat bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang terinstal
  • Anda dapat melakukan flash BIOS atau firmware lain dari DOS
  • Anda dapat menjalankan utilitas tingkat-rendah

Meskipun ukurannya kecil, Rufus ini menyediakan semua yang Anda butuhkan!

2. Windows 7 USB/DVD Download Tool
Top 5 daftar Bootable USB Tools untuk Sistem Operasi Windows
Alat pembuatan drive USB bootable ini dibuat oleh Microsoft. Meskipun dikenal sebagai Windows 7 USB / DVD Download Tool, ia berfungsi untuk versi Windows lain juga. Sejauh kegunaannya diperhatikan, itu harus berada di posisi teratas. Jika Anda memiliki drive USB dan file ISO, Anda hanya perlu melakukan beberapa klik dan selesai.

Juga, ini adalah produk Microsoft sehingga hanya mendukung file ISO dari produk Microsoft seperti Windows, Visual Studio, dll. Microsoft telah berhenti dalam mengembangkannya karena dengan peluncuran Windows 8, yang merupakan alat Penciptaan Media baru mereka juga dirilis.

Alat Windows USB / DVD Download memungkinkan Anda untuk membuat salinan file ISO Windows 7/8 Anda pada USB flash drive atau DVD. Untuk membuat DVD atau drive flash USB yang dapat di-boot, unduh file ISO dan kemudian jalankan Windows 7 USB / DVD Download tool. Setelah ini selesai, Anda dapat menginstal Windows 7 atau Windows 8 langsung dari USB flash drive atau DVD.

File ISO berisi semua file instalasi Windows yang digabungkan menjadi file yang tidak terkompresi tunggal. Ketika Anda mengunduh file ISO, Anda perlu menyalinnya ke beberapa media untuk menginstal Windows. Alat ini memungkinkan Anda untuk membuat salinan file ISO ke USB flash drive atau DVD. Untuk menginstal Windows dari USB flash drive atau DVD Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan USB flash drive ke port USB Anda atau masukkan DVD Anda ke dalam drive DVD Anda dan jalankan Setup.exe dari folder root pada drive.

3. WinSetupFromUSB
Top 5 daftar Bootable USB Tools untuk Sistem Operasi Windows
Keuntungan terbesar menggunakan WinSetupFromUSB ini adalah Anda dapat menaruh beberapa file ISO dalam satu flash drive dan membuat USB multiboot. Ini akan memungkinkan Anda memiliki pilihan lebih dari satu sistem operasi pada saat instalasi. Sama seperti Rufus, ia memiliki banyak fitur dan memungkinkan Anda untuk membuat media USB bootable untuk berbagai jenis sistem operasi.
Download WinSetupFromUSB

4. UNetbootin
Top 5 daftar Bootable USB Tools untuk Sistem Operasi Windows
UNetBootin ini merupakan perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk membuat drive bootable USB dan menjalankan Ubuntu, Debian, Fedora, dan versi Linux lainnya di dalamnya. Ia bekerja pada sistem operasi Windows, Linux, dan macOS X. UNetbootin dapat digunakan untuk memuat alat-alat sistem yang mungkin berguna untuk sistem operasi, seperti SystemRescueCD, Super Grub Disk, Dr.Web antivirus, Parted Magic, dan lain-lain.

Alat UNetbootin yang mudah digunakan ini, tidak dilengkapi dengan banyak opsi, dapat membuat drive USB bootable dengan mudah. Alasan utama untuk keberadaannya adalah dapat digunakan untuk membuat drive USB Live untuk distro Linux. Ini menawarkan dukungan inbuilt untuk banyak distro Linux populer dan sistem operasi open source lainnya seperti FreeBSD. Setelah menghubungkan USB drive Anda, Anda perlu memilih distribusi yang Anda inginkan atau disk penyelamatan antivirus dan UNetbootin akan secara otomatis mengunduh file ISO dari internet dan membuat Live USB untuk Anda. Dalam kasus USB bootable atau distro Linux yang tidak didukung, Anda harus menyediakan atau emnggunakan file ISO.
Download UNetbootin
5. Universal USB Installer
Top 5 daftar Bootable USB Tools untuk Sistem Operasi Windows
Sama halnya dengan UNetbootin Universal USB Installer alias UUI adalah Pencipta USB Bootable Linux langsung yang memungkinkan Anda untuk memilih dari pilihan Distribusi Linux untuk menggunakan USB Flash Drive Anda. Penginstal USB Universal mudah digunakan. Cukup pilih Distribusi Linux Langsung, file ISO, Flash Drive Anda, dan Klik instal. Setelah selesai, Anda sudah siap menjalankan USB Flash Drive yang dapat di-boot dengan menginstal sistem operasi pilihan Anda.

Download Universal USB Installer (UII)

Itulah tadi 5 daftar Bootable USB Tools untuk Sistem Operasi Windows  ini. Yang mana menurut anda paling ngetop? silahkan dipilih,  dan ceritakan pengalaman anda dalam kolom komentar dibawah. Wassalam

No comments:

Post a Comment