Breaking

Pengertian dan Fungsi layer di Photoshop

Pelajari dasar-dasar lapisan di Photoshop, termasuk lapisan apa, cara kerjanya, dan mengapa mengetahui cara menggunakan lapisan sangat penting. Untuk Photoshop CC, CS6 dan versi Photoshop sebelumnya.


Ditulis oleh Steve Patterson.
Jika Anda baru mengenal lapisan di Photoshop, Anda telah memilih tempat yang bagus untuk memulai. Untuk tampilan pertama pada lapisan ini, kami akan fokus pada lapisan apa dan mengapa kami membutuhkannya. Daripada membuat sesuatu yang mewah, kami akan menggunakan beberapa alat yang sangat sederhana untuk menggambar beberapa bentuk yang sangat sederhana. Kemudian, kita akan belajar bagaimana kita dapat memanipulasi bentuk-bentuk itu dalam dokumen kita menggunakan lapisan! Kami akan mulai dengan membuat komposisi tanpa lapisan dan melihat tantangan yang kami hadapi ketika mencoba membuat perubahan yang sederhana. Kemudian, kami akan membuat komposisi yang sama lagi, kali ini menggunakan lapisan, untuk melihat seberapa banyak perbedaan lapisan benar-benar membuat.

Dasar-dasar lapisan tidak berubah sama sekali selama bertahun-tahun, jadi meskipun saya akan menggunakan Photoshop CS6 di sini, semuanya sepenuhnya kompatibel dengan Photoshop CC serta versi Photoshop sebelumnya. Jadi, jika Anda siap untuk mempelajari tentang lapisan, mari kita mulai!

Lapisan/Layer adalah, tanpa diragukan lagi, satu-satunya aspek terpenting dari Photoshop. Tidak ada yang layak dilakukan di Photoshop, atau bahkan harus, dilakukan tanpa lapisan. Mereka sangat penting bahwa mereka memiliki panel Lapisan mereka sendiri serta kategori Lapisan mereka sendiri di Menu Menu Photoshop di sepanjang bagian atas layar. Anda dapat menambahkan lapisan/layer, menghapus layer, nama dan mengganti nama lapisan, mengelompokinya, memindahkan mereka, menutupi mereka, memadukannya, menambahkan efek ke lapisan, mengubah opacity mereka, dan banyak lagi!

Perlu menambahkan beberapa teks ke tata letak Anda? Ini akan muncul di lapisan Tipe sendiri. Bagaimana dengan bentuk vektor? Mereka akan muncul di lapisan Shape terpisah. Lapisan/Layer ini merupakan jantung dan jiwa Photoshop. Ini adalah hal yang penting, dan juga layer itu sangat mudah digunakan, dan mudah dimengerti, setidaknya kalian dapat memahami kegunaan layer ini.

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang dilakukan oleh semua bagian panel layer ini? Berikut ini adalah screen grab dari layers Panel. Saya akan menjelaskan apa semua bagian di sini.

Fungsi layer di Photoshop

  • #1 Layer Filter: Ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan layer berdasarkan berbagai hal. Membuatnya lebih mudah untuk menemukan layer yang ingin Anda kerjakan.
  • #2 Opacity: Digunakan untuk mengatur transparansi pada layer. 0 = transparan 100 = sepenuhnya buram.
  • #3 Blend Mode: Ubah ini untuk mengubah cara layer yang dipilih berpadu dengan layer di bawahnya. Bagus untuk pengomposisian dan efek khusus. (Dengan alat pindah (move Tool) yang dipilih, tekan Shift + atau Shift - untuk beralih melalui mode pencampuran.
  • #4 Fill opacity: Menyesuaikan jumlah opasitas dari piksel saja, tetapi setiap tampilan pada layer tidak terpengaruh dan tetap 100% buram.\
  • #5Visibilitas: Jika mata menunjukkan bahwa layer itu terlihat. Klik pada icon mata dan layer akan tetap ada tetapi tidak terlihat pada kanvas sampai Anda mengklik icon mata itu lagi.
  • #6 Locket: Gambar icon gembok (maksudnya kunci) ini menunjukkan bahwa layer ini dalam keadaan terkunci. Biasanya gambar dengan ekstension .jpg akan mempunyai layer background yang selalu terkunci. Untuk membuka kunci pada layer background ini, caranya dengan melakukan klik 2 kali pada layer yang terkunci tersebut, kemudian klik OK pada kotak dialog yang muncul.
  • #7 Link/ Tautan: Memungkinkan Anda menghubungkan layer tersebut dengan mengelompokkan banyak layer sekaligus. Cara memakainya dengan memilih nama-nama layer yang diinginkan (dengan Shift + Klik), kemudian klik icon link tersebut untuk menggabungkannya.
  • #8 Layer Efeck (Styles): Efek khusus diterapkan pada layer gambar Anda. Gambar icon F pada layer ini menunjukkan bahwa pada layer ini terdapat efek gaya pada Layer, sementara gambar segitiga di sebelah kanan ini digunakan untuk menampilkan atau tidaknya informasi detil pada Layer Style yang digunakan.
  • #9 Add Layer Mask: Ini adalah tombol untuk menekan untuk menambahkan layer mask ke layer yang sedang dipilih. Memungkinkan Anda melukis bagian-bagian layer tanpa merusak gambar yang aslinya.
  • #10 Add Adjustment Layer: Cara terbaik untuk menerapkan penyesuaian gambar. Ada dapat mengubah warna atau nada gambar. Semua lapisan dipengaruhi di bawah lapisan penyesuaian (Kecuali terpotong). Ini adalah opsi yang bagus untuk cara menggunakan klik pada Menu  Image> Adjustments. karena adjustment layers tidak merusak dan dapat diedit ulang.
  • #11 Layer Groups: Digunakan untuk mengelompokkan beberapa layer menjadi suatu kumpulan layer, agar mempermudah proses pekerjaan yang menggunakan banyak sekali layer. Ini menempatkan lapisan ke dalam folder. Anda dapat memilih beberapa lapisan dan tekan Ctrl + G untuk menempatkan layer yang dipilih kedalam grup, atau membuat grup dengan mengklik ikon ini. Layer dapat diseret masuk atau keluar dari grup pada panel Layer.
  • #12 Creat New Layer/Buat Layer Baru: Tekan ikon ini untuk membuat layer baru. Seret lapisan yang ada ke ikon ini untuk membuat duplikat dari lapisan itu
  • #13 Delete Layers/Hapus Layer: Seret layer ke ikon ini untuk menghapusnya. Atau pilih layer dan kemudian tekan ikon ini untuk mendapatkan hasil yang sama.
  • #14 Opsi Panel: Ini akan membuka menu tarik-turun yang menyediakan sejumlah opsi, banyak yang tidak terdaftar di tempat lain.


Demikianlah informasi mengenai Pengertian dan Fungsi layer di Photoshop, semoga informasi bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan mengenai tutorial photoshop di atas, anda bisa hubungi kami pada kotak kolom komentar yang disediakan dibawah. Wassalam.

No comments:

Post a Comment