Breaking

Pembahasan Mengenai DNS dalam Belajar Komputer

DNS Merupakan singkatan dari Domain Name System. Sistem DNS ditemukan oleh Paul Mockapetris sejak tahun 1983. Sebelum sistem DNS ini ditemukan, ada satu file bernama hosts.txt di setiap komputer yang perlu diperbarui secara manual setiap kali ada perubahan dalam jaringan komputer yang disebut ARPANET di waktu.

Apa Fungsi DNS
Dalam bentuk yang paling sederhana, DNS menerjemahkan nama domain mis. tutorialankha.com ke alamat IP mis. 192.168.1.1 Tapi seperti yang akan Anda lihat setelah Anda selesai membaca tutorial ini, DNS melakukan lebih dari sekadar penerjemahan nama.

Bagaimana cara kerja DNS?
DNS adalah sistem yang kompleks, tetapi titik fundamental untuk memahami tentang DNS adalah bahwa ini adalah sistem hierarkis:
Pembahasan Mengenai DNS dalam Belajar Komputer

Di bagian atas hierarki DNS, berkedudukan server DNS Root. Server DNS akar menampung nama domain teratas mis. .com, net, .org, dll. Di bawah root server teratas adalah server nama domain dari registrar seperti Rumah Web. Registrar adalah identitas resmi yang dapat membuat domain tingkat kedua seperti Google.com dan tutorialankha.com. Setiap kali seseorang membeli nama domain baru melalui rumah Web, Rumah Web mengirim permintaan itu ke server root untuk pendaftaran. Rumah Web membayar ICANN penjaga server root sekitar 18 sen ribuan per setiap domain yang mereka daftarkan. RumahWeb menarik biaya sekitar $ 13 per pendaftaran domain dalam bulanan, sehingga mereka menghasilkan keuntungan baik setiap kali seseorang mendaftarkan domain melalui mereka. Ada banyak server DNS lain di bawah hierarki DNS.
Jika Anda bekerja di dalam suatu organisasi besar, kemungkinan besar mereka juga memiliki server DNS internal. Semua server DNS ini menyimpan salinan semua basis data DNS server DNS, dan memperbaruinya secara berkala, jika kueri dilakukan tentang domain yang tidak diketahui, mereka meneruskan permintaan tersebut ke server akar dan memperbarui catatannya. Juga, semua komputer menyimpan catatan nama-nama domain yang diketik orang pada browser mereka juga. misalnya, Anda mengunjungi situs ini ittutorials.net hari ini, jika Anda mengunjungi situs ini nanti atau bahkan besok, komputer tidak meminta server DNS untuk menemukan Alamat IP situs ini lagi, ini menggunakan catatan yang disimpan secara lokal untuk menemukan situs web dengan cepat.

Yang menarik, tetapi semua sistem operasi masih mengirimkan file hosts.txt asli orang yang digunakan sebelum sistem DNS ditemukan. itu berguna ketika memecahkan masalah DNS kadang-kadang.

Apa itu DNS terbalik?
Reverse DNS adalah proses menerjemahkan alamat IP ke nama domain. Anda dapat menjalankan permintaan DNS terbalik menggunakan perintah nslookup di semua sistem operasi.

Catatan umum yang terkait dengan nama domain

  • A A singkatan Alamat dalam DNS, dan digunakan untuk mengaitkan nama domain dengan Alamat IP.
  • CNAME adalah singkatan dari "Canonical Name" CNAMES digunakan untuk "alias" satu domain ke yang lain. misalnya, jika saya memiliki domain tutorialankha.net dan tutorialankha.org, saya dapat membuat CNAME di ittutorials.org untuk meneruskan domain tersebut ke tutorialankha.com. Banyak orang menggunakan data CNAME untuk meneruskan awalan "www" ke domain juga.
  • MX adalah singkatan dari Mail exchanger (MX) dan ia menyediakan routing pesan ke host pertukaran email tertentu (server email) yang bertindak sebagai exchanger mail untuk nama domain DNS yang ditentukan.
  • TEXT (TX) Text (TXT) record. rekaman ini menyimpan serangkaian karakter yang berfungsi sebagai teks deskriptif untuk dikaitkan dengan nama domain DNS tertentu.

Memecahkan masalah perintah DNS
ipconfig / flushdns Perintah ini mem-flush record DNS yang di-cache dalam sistem Windows
service nscd restart Flushes catatan DNS yang di-cache di Ubuntu
nslookup Anda dapat menggunakan nslookup di sebagian besar sistem operasi untuk mendapatkan rekaman nama domain apa pun.

Kesimpulan
Saya harap gambaran singkat ini dari sistem DNS sangat membantu bagi Anda untuk memahami apa itu DNS, dan apa yang dilakukannya. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran atau komentar, silakan gunakan kotak komentar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment