Breaking

Mengenal Jenis dan Prameter Brush pada Photoshop

Alat kuas/ Brush Tool adalah elemen alat lukisan yang memungkinkan Anda memilih bentuk kuas (persegi, lingkaran, oval, dan sebagainya) dan juga ketebalan piksel yang ingin Anda cat pada gambar Anda. Saat Anda menggerakkan kursor di atas gambar, ia meninggalkan goresan warna.

Sebagian besar dari semua tombol perintah pada bagian Toolbox di photoshop memiliki beberapa prameter tambahan yang ditampilkan pada baris Options. Berikut ini merupakan penjelasan umum dari prameter-prameter yang sering dijumpai saat bekerja dengan Tombol Brush/Kuas dan beberapa tombol perintah lain. 

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai Jenis dan Pramter Brush pada Photoshop

Langkah 1: Pilih The Brush Tool
Untuk mengakses salah satu dari dinamika kuas, kita perlu membuka panel Brushes Photoshop. Pertama, pastikan Anda memiliki Brush Tool yang dipilih dari panel Tools, atau tekan huruf B untuk cepat mengambilnya menggunakan shortcut keyboard:
Jenis dan Prameter Brush pada Photoshop
Langkah 2: Mengenal Brush
Pada saat anda mengaktifkan Brush tool maka Opsi Brus akan aktif diatas Kanvas atau lembar kerja photoshop seperti ini
Jenis dan Prameter Brush pada Photoshop


Langkah 3: Buka Panel Brushes
Dengan Brush Tool dipilih, cara termudah untuk membuka panel Brushes adalah dengan menekan tombol F5 pada keyboard Anda (tekan sekali lagi untuk menutup panel Brushes) atau klik pada ikon toggle panel Brushes di Bar Pilihan di bagian atas layar (klik lagi untuk menutup panel):
Jenis dan Prameter Brush pada Photoshop


Secara default, panel Brushes terbuka ke opsi Brush Presets (Anda akan melihat kata-kata Brush Preset disorot dengan warna biru di sudut kiri atas panel). Dalam mode ini, yang bisa kita lakukan adalah memilih dari daftar sikat siap pakai di sisi kanan panel. Untuk memilih salah satu brush, cukup klik thumbnail-nya di daftar. Jika Anda memiliki Tips Alat diaktifkan di Preferensi Photoshop, nama setiap kuas akan muncul saat Anda mengarahkan kursor mouse Anda di atas thumbnail. Area pratinjau yang membantu sepanjang bagian bawah panel menunjukkan kepada kita seperti apa sapuan kuas dengan kuas yang dipilih saat ini. Kita dapat menggunakan slider Diameter Master di bawah daftar kuas untuk mengubah ukuran kuas. Jika semua yang ingin Anda lakukan adalah memilih kuas dan melukis dengannya, ini adalah tempatnya:

Setiap preset kuas dalam daftar di sisi kanan panel dilengkapi dengan ujung kuas (bentuk sebenarnya dari kuas yang kita lihat di thumbnail kuas) dan koleksi dinamika kuas yang dipilih sebelumnya yang mengontrol gerakan kuas saat kita melukis dengannya. Enam kategori brush dynamics (Shape Dynamics, Scattering, Texture, dll.) Ditemukan di sepanjang sisi kiri panel Brushes, dan jika Anda memperhatikan mereka saat anda mengklik thumbnail brush yang berbeda, anda akan melihat perbedaannya. kategori aktifkan dan nonaktif tergantung pada brush mana yang anda pilih. Sebagai contoh, jika saya klik pada sikat Daun Maple Tersebar, kita dapat melihat bahwa Bentuk Dinamika, Hamburan, Dinamika Warna, dan Dinamika Lainnya semuanya diaktifkan dengan ujung kuas:

Jenis dan Prameter Brush pada Photoshop

Gambar yang ditandai dengan kotak merah diatas merupakan gambar thumbnail kuas yang kalian pilih pada Opsi Brush/kuas.

Demikianlah Penjelasan mengenai Mengenal Jenis dan Prameter Brush pada Photoshop ini semoga dapat mudah dipahami dan Bermanfaat. Baca juga mengenai Tutorial Photoshop kami

No comments:

Post a Comment