Breaking

Bagaimana Cara Mengetahui apakah seseorang telah masuk jaringan Wi-Fi Anda dan Mencegahnya

Internet, sejak awal, telah lama menjadi eksklusif bagi para peneliti dan cendekiawan universitas. Sekarang ada di saku atau gengaman semua orang dengan ponsel cerdas mereka dan sejumlah besar rumah, kantor, dan tempat umum seperti kafe mendapatkan akses Wi-Fi. Dengan lonjakan jumlah router Wi-Fi selama bertahun-tahun, sangat mungkin bagi orang lain untuk menggunakan koneksi Wi-Fi Anda jika tidak dijamin keamanannya dengan benar.
cara mengetahui apakah seseorang telah masuk jaringan Wi-Fi Anda dan mencegahnya

Di sini kami memberi tahu Anda cara mendeteksi jika seseorang membonceng koneksi Wi-Fi Anda, yaitu menggunakannya tanpa izin dan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengamankannya.

  • Koneksi internet lambat

Apakah koneksi Wi-Fi Anda melambat? Apakah kecepatan internet telah turun banyak sejak beberapa hari terakhir? Meskipun ada alasan lain untuk koneksi yang lambat, seperti masalah server, dinding dan objek yang menghambat jaringan, atau mungkin juga seseorang telah masuk ke koneksi Anda dan menggunakannya.

  • Memfokuskan penyusup melalui daftar perangkat yang terhubung

Setiap perangkat yang akan atau akan terhubung ke jaringan pribadi Anda hadir dengan alamat IP dan MAC yang unik (mereka mungkin memiliki nama acak seperti 'PC ABCD' sebagaimana disebutkan oleh pemiliknya) dan dapat dilihat dalam daftar perangkat yang terhubung (klien) melalui pengaturan router. Jadi, jika Anda menemukan beberapa nama acak di jaringan Anda yang tidak Anda kenali, itu, kemungkinan besar, adalah penyusup! Meskipun Anda tidak melihat nama, Anda masih dapat mengetahui siapa penyusup dengan memeriksa jumlah perangkat yang terhubung dan mencari tahu yang tidak Anda kenali.

Berikut beberapa cara untuk melindungi jaringan Wi-Fi Anda:

  • #1 Menyiapkan kata sandi WPA2 yang panjang dan rumit

WPA2 adalah protokol enkripsi dan singkatan dari Wi-Fi Protected Access. WPA2 lebih baru dan lebih aman daripada protokol lama seperti WPA, WEP, dll. Sebagai pengguna, Anda hanya perlu mengatur keamanan WPA2 pada router Wi-Fi dan melindunginya dengan kata sandi yang kuat. Tak perlu dikatakan, datang dengan sesuatu yang panjang dan kompleks yang dapat Anda ingat dan yang tidak dapat ditebak.

  • #2 Mengubah informasi login router

Sebagian besar router Wi-Fi datang dengan dua alamat IP ini: 192.168.1.1 atau 192.168.2.1 dan mereka dapat diakses dari browser apa pun. Sebagian besar produsen router menggunakan kata-kata seperti ‘root’ dan ‘admin’ sebagai login dan kata sandi dan setelah masuk, Anda memiliki akses ke pengaturan router. Karena login cukup mudah mengingat kata sandi sangat mudah, siapapun bisa masuk ke pengaturan router Anda. Untuk mencegah hal ini, ubah informasi login router dari sesuatu selain dari 'admin'.

  • #3 Menyembunyikan SSID dari router

Cara yang lebih efektif untuk mengamankan jaringan adalah menyembunyikan SSID dari router. Ini memastikan bahwa itu tidak hanya muncul sebagai jaringan yang dapat terhubung. Anda harus memasukkan alamat secara manual.

  • #4 Menggunakan perangkat lunak pemantauan Internet

Ada beberapa perangkat lunak seperti AirSnare yang dapat Anda gunakan yang akan mengingatkan Anda ketika perangkat yang tidak dikenal terdeteksi di jaringan Anda.

No comments:

Post a Comment