Breaking

Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya

Halo semuanya, dalam tutorial pemula ini di Photoshop Saya akan menunjukkan kepada anda cara membuat dokumen baru di Photoshop. Sebagian besar versi pada photoshop semua mempunyai cara yang sama, Namun agak sedikit berbeda dengan tampilannya. disini saya akan memberikan tutorial menggunakan Photoshop Cs6. 

Terakhir kali membahas tentang  Dasar dasar Photoshop yang merupakan tutorial  dasar yang direkomendasikan untuk semua pengguna Photoshop. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang membuat dokumen baru di Photoshop dan juga akan menjelaskan semua opsi yang biasanya kita lihat ketika kita membuat dokumen baru. Tentunya membuat dokumen baru adalah salah satu hal yang paling mudah dilakukan di Photoshop.

Untuk membuka dokumen baru, cukup klik pada Menu File yang yang berada di atas bilah opsi. selanjutnya pilih New. Saya menggunakan Photoshop CS6 untuk windows. Untuk pengguna Mac, bukan PS biru yang ada di sudut kiri atas, anda mungkin melihat ikon apel.

Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya

Menjadi pemula anda mungkin menemukan dengan mudah untuk membuka file baru hanya dengan mengikuti langkah di atas tetapi salain itu kalian juga dapat menggunakan pintasan keyboard ini untuk membuat dokumen baru ini. Cukup tekan Ctrl + N untuk PC/Windows. atau cmd + N untuk Mac. Ini akan membuka kotak dialog untuk membuat file baru.
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya

Name
Dalam kotak Name, nama yang akan anda isi adalah nama file baru anda. tulisan Unititled-1 dapat anda ganti dengan nama file yang ingin kalian buat.

Catatan :

  • Jika anda adalah pengguna PC/windows maka jangan letakkan simbol khusus seperti garis miring (/), titik dua (:), tanda kurung siku (<,>), pipa (|), tanda bintang (*) atau tanda tanya (?) Karena simbol-simbol ini windows menggunakan simbol-simbol ini untuk file-file sistemnya. Ini mungkin menjadi masalah ketika anda menempatkan simbol ini di file Anda.
  • Jika anda adalah pengguna Mac/Aple yang tidak menempatkan periode di awal file anda. Mac membuat file itu tidak terlihat sehingga Anda tidak dapat melihat file itu.
  • Jangan meletakkan ekstensi file di akhir nama file anda seperti (.jpg, .png, .psd dll) karena Photoshop akan membiarkan menyimpan pekerjaan anda dalam berbagai format ketika anda menyimpan pekerjaan setelah anda selesai dengan proyek.
Preset
Photoshop hadir dengan format yang sudah ditentukan seperti kertas Internasional, Web, Ukuran Photoshop default, Foto dll. Untuk preset web, ukuran standar adalah 800 x 600. Saya menyarankan untuk menggunakan piksel, bukan inci, sentimeter, dll.
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya
Keterangan

  • Default Photo Size : Membuka Dokument baru dengan ukuran defaultyang diberikan Photoshop
  • Untuk memilih ukuran file dengan ukuran Leter, Legal ataupun Tabloid Pilih Preset U.S Paper
  • Untuk memilih ukuran file dengan ukuran A4, A6, A5, A3, B5, B4, B3, C6,C5, C4 ataupun DL pilih Preset International Paper.
  • Photo : Berisi pilihan kertas foto
  • Web : Berisi ukuran kertasw sesuai ukuran website.
  • Mobile and Device : Berisi pilihan kertas sesuai dengan ukuran Mobile dan Device
  • Film and Video : Berisi pilihan kertas sesuai dengan pilihan
  • Custom : Berisi pilihan kertas sesuai dengan pilihan atau ukuran yang anda buat sendiri
Width and Height
Di kotak Width/lebar dan Height/Tinggi anda dapat memasukkan nilai apa pun yang anda inginkan. Nilai yang anda masukkan akan menjadi lebar dan tinggi pada proyek baru anda. Berdampingan dengan kotak width/height anda dapat melihat menu yang yang berada disebelah kanannya. Anda dapat melihat piksel, inci, sentimeter dll. Misalkan anda memasukkan nilai dengan 1600 dan Anda memilih "piksel" dalam drop down maka file baru akan memiliki lebar 1600 piksel . Jika Anda memasukkan 10 dalam kotak lebar dan anda memilih inci di kotak kanan maka file baru yang akan anda buat akan menjadi lebar 10 inci.
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya
Resolution
Resolusi pada dasarnya mendefinisikan piksel per inci, piksel per sentimeter dalam dokumen. Semakin besar resolusinya akan semakin besar ukuran file. Untuk penggunaan web 72 piksel per inci, jika untuk printer profesional menggunakan 240 piksel per inci atau lebih baik menggunakan 300 piksel per inci.
Color Mode
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya

Keterangan:
  • Bitmap: Hanya berfungsi dengan dua warna, baik putih atau hitam. Bahkan tidak ada warna abu-abu. Ini adalah salah satu mode mode warna penting ketika Anda sedang mengerjakan gambar yang hanya terdiri dari kertas hitam atau putih seperti kertas dll.
  • Grayscale: Berfungsi dengan warna hitam, putih dan abu-abu. Mungkin kalian semua tahu tentang fotografi hitam dan putih. Mode grayscale adalah yang terbaik untuk memproses foto semacam itu.
  • RGB Color: Salah satu mode yang paling populer. Mode ini terdiri dari tiga warna yaitu merah, hijau, dan biru (Red, Green, Blue) dalam skala 0 hingga 255. Anda akan tahu lebih banyak saat Anda mulai mengubah warna foto anda dalam Photoshop. Hanya yang terpenting hal yang harus anda ketahui adalah bahwa ini adalah salah satu warna terbaik untuk foto untuk pengguanan Color Mode sesuai aslinya.
  • CMYK Color: Terbaik untuk printer. CMYK singkatan cyan, magenta, Yellow dan Black (ya, itu hitam). Karena saya sudah menulis mode ini yang terbaik untuk pencetakan digital atau pencetakan poster. Mode ini memiliki warna kurang dari seperti RGB.
  • Lab Color: Saya pikir Anda semua tahu bahwa mata manusia tidak dapat melihat semua warna yang ada di sekitar kita atau membedakan di antara mereka. Warna lab mengubah warna foto asli Anda menjadi warna yang paling cocok untuk mata manusia dapat mendeteksi atau lebih tepatnya saya katakan mengubah semua warna yang berada di luar jangkauan mata manusia ke warna yang mudah dideteksi oleh mata manusia.
Bersebelahan dengan Color Mode, anda dapat melihat kedalaman bit. Di menu drop down Anda dapat melihat 1 bit, 8 bit, 16 bit dan 32 bit.

Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya

Ini menentukan jumlah warna di foto anda. Meskipun 1 bit dan 32 bit sangat jarang, saya terutama akan berbicara tentang 8 bit dan 16 bit. Semakin banyak bit berarti semakin banyak informasi warna yang dapat disimpan. Dengan memilih ukuran file bit yang lebih besar meningkat (kira-kira dalam kelipatan 2). Saya sangat menyarankan Anda untuk memilih 16 bit untuk file baru untuk penggunaan profesional sementara memilih 8 bit untuk penggunaan pribadi. 8 bit terdiri dari 256 warna, 16 bit terdiri dari 65.536 warna sedangkan 32 bit terutama disebut sebagai rentang dinamis tinggi (Jika Anda seorang fotografer Anda mungkin pernah mendengar istilah fotografi HDR. HDR itu adalah singkatan dari  High Dynamic Range (rentang dinamis tinggi.) .

Background Contents
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya
Hal berikutnya yang bisa Anda lihat adalah "konten latar belakang". Seperti namanya sudah mendefinisikan fungsinya, warna yang Anda pilih akan menjadi latar belakang pada foto anda.
White: Warna latar Anda akan menjadi putih.
Foreground Color: Warna foreground Anda adalah warna latar belakang Anda.
Transparent: Latar belakang Anda tidak akan memiliki warna apa pun. Anda dapat menggunakan warna apa pun nantinya untuk mengisi latar belakang anda.
NB: Anda juga dapat mengubah warna latar belakang kapan pun Anda mau.

Jika Anda melihat pola yang ditampilkan di bawah sebagai latar belakang Anda, ini berarti latar belakang Anda transparan.
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya
Color Profile
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya

Profil warna seperti instruksi yang Anda berikan kepada Photoshop yang memerintahkan Photoshop untuk menggunakan hanya jenis warna tertentu. Secara default ini diatur ke "sRGB IEC61966-2.1". Saya sangat menyarankan Anda untuk membiarkan profil ini ke mode default. Kecuali anda memiliki gagasan untuknya.
Pixel Ascept Ratio
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya

Pixel Aspect Ratio ini pada dasarnya berfungsi untuk menentukan bentuk piksel. Ini adalah salah satu bentuk terbaik jika Anda sedang mengerjakan foto. Jika anda bekerja pada video dari piksel ini mungkin terlihat terdistorsi (saat Anda mengubah rasio aspek dari 4: 3 hingga 16: 9). Untuk tujuan video, pilih rasio aspek yang paling sesuai untuk anda.

Selanjutnya anda dapat mengklik "Save Preset" dan menggunakan preset itu lagi dan lagi tanpa mengisi informasi lagi nantinya.
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya
Selanjutnya sesuaikan pengaturan sesuai dengan keninginan anda setelah mengklik "save preset". dan Klik Ok jika selesai.
Cara membuat dokumen baru di Photoshop dan Penjelasannya
Dan sampai disini anda sudah berhasil membuat dokumen baru di Photoshop. Silahkan Baca Artikel Mengenai Tutorial Photoshop lainnya dari kami. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan Wassalam.

No comments:

Post a Comment