Breaking

Berikut ini Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan) Dari Perangkat Android

Android, juga dikenal dengan pilihan kustomisasi yang berat, adalah sistem operasi seluler yang paling populer. Namun sering kali kegemaran kita untuk OS Android dan penyesuaiannya mengarah pada banyak pengorbanan - Pembaruan Android yang lamban adalah salah satunya.

Namun, hari ini kita akan berbicara tentang kesalahan yang paling salah sepanjang masa - Memaksa aplikasi yang sudah terpasang di perangkat Android.

Sebelum melangkah lebih lanjut sebaiknya mari kita mengenal terlebih dahulu mengenai apa itu Bloatware.

Apa itu Bloatware?
Bloatware pada dasarnya adalah aplikasi pra-instal yang dikunci oleh perangkat bawaan. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menghapus aplikasi OEM dengan metode standar. Sementara perangkat Google Pixel memungkinkan pengguna Android untuk menonaktifkan bloatware, OEM lain seperti Samsung, Xiaomi, Huawei dll membatasi segala jenis penonaktifan.

Kebiasaan OEM mengunci perangkat dan memasang keping bloatware bukanlah hal baru. Sejak awal Android, Google terus melakukan malpraktek ini selama bertahun-tahun. Tidak heran perusahaan memperoleh denda $ 5 miliar.

Sementara OS berbasis Android yang disesuaikan membuat perangkat vendor menjadi unik, menginstal bloatware pada perangkat membantu produsen untuk mendapatkan uang tambahan. Juga, lebih banyak diferensiasi dari saham Android menambahkan lebih banyak kontrol ke pabrikan. Secara keseluruhan, semuanya tentang uang dan kekuasaan atas pesaing.

Bagaimanapun, di bawah ini saya telah menyatakan beberapa metode yang dapat anda terapkan untuk menghapus aplikasi yang sudah terpasang di perangkat Anda -

Cara Menghapus Bloatware Dari Perangkat Android?

1. Menghapus Bloatware Via Root
Dengan Rooting Maka anda membuka potensi penuh pada perangkat anda. Pada dasarnya, ini memberi pengguna akses ke direktori tersembunyi yang sebelumnya diblokir oleh pabrikan (OEM).

Setelah perangkat Anda di-root, Anda memiliki kesempatan untuk menginstal aplikasi yang di-root yang memberikan lebih banyak kontrol kepada pengguna. Yang populer adalah cadangan Titanium di mana Anda dapat menghapus aplikasi yang dikunci oleh produsen.

Berikut ini Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan) Dari Perangkat Android
Penting untuk dicatat bahwa dengan rooting dapat berubah arah dan menyebabkan banyak masalah pada perangkat Anda. Saya sarankan anda mengambil cadangan perangkat anda sebelum meroot android dan memastikan keamanan perangkat anda.
Slihakan Baca:

2. Menghapus Bloatware Via ADB tools
Jika anda tidak ingin melanjutkan rooting perangkat anda seperti langkah diatas, mungkin cara terbaik untuk menghapus aplikasi pra-instal di Android ini adalah melalui alat ADB.

Hal-hal yang Anda butuhkan untuk menghapus Bloatware melalui ADB tools ini ialah:

Setelah itu Lanjut kelangkah berikut ini


  • Pada perangkat Android Anda, buka Pengaturan/Options ⇒ Sistem ⇒ Tentang Ponsel ⇒ Ketuk Nomor Versi lima kali untuk mengaktifkan opsi Pengembang
  • Selanjutnya Kembali ke Opsi Pengembang di Pengaturan Sistem ⇒ Hidupkan USB debugging
Berikut ini Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan) Dari Perangkat Android
Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan) Dari Perangkat Android

  • Sambungkan perangkat Android Anda melalui kabel USB dan ubah dari mode “Charge Only” menjadi mode “File Transfer”.
Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan) Dari Perangkat Android
  • Selanjutnya Buka direktori tempat anda mengekstraksi file ADB
  • Tahan Shift + Klik kanan di mana saja pada folder dan pilih "Open Power Shell Window here" dari menu pop-up yang tampil.
Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan) Dari Perangkat Android
  • Pada Command Prompt yang tampil, ketik: “adb devices” dan tekan Enter
Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan) Dari Perangkat Android
  • Selanjutnya pada Android Berikan izin kepada PC untuk menggunakan koneksi perangkat Android, melalui kotak USB debugging.
Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan) Dari Perangkat Android
  • Sekali lagi, ketik perintah yang sama. Ini akan meminta "resmi" pada Command Prompt.
  • Sekarang, ketik perintah berikut: "adb shell"
  • Buka App Inspector di perangkat Android Anda dan cari nama yang tepat dari paket aplikasi.
Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi bawaan) Dari Perangkat Android
  • Atau, anda dapat mengetik "daftar paket pm / pm list packages" dan salin + tempelkan nama ke perintah berikutnya.
  • Masukkan perintah berikut di Windows PowerShell: "pm uninstall –k - pengguna 0 <nama of the package>" dan kemudian tekan Enter
Catatan dan Saran: Mencopot pemasangan beberapa aplikasi Android dapat membuat perangkat anda menjadi tidak stabil. Jadi, penting untuk berhati-hati untuk mencopot aplikasi bawaan android ini.
Juga, perlu diingat bahwa dengan melakukan reset kebawaan pabrik akan memulihkan semua bloatware yang Anda hapus melalui metode di atas. Pada dasarnya, aplikasi tidak dihapus dari perangkat; mereka hanya mencopot pemasangan untuk pengguna saat ini.

Terakhir, perhatikan anda masih akan menerima semua pembaruan OTA resmi dari produsen dan tentunya Metode ini tidak akan membatalkan garansi perangkat apa pun kecuali dengan melakukan Rooting.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menghapus Bloatware Dari Perangkat Android ini, Semoga bermanfaat bagi kalian dalam mengoprasikan Android ini. Wassalam

No comments:

Post a Comment