Breaking

Macam -Macam Perangkat Masukan (Input Devices) Pada Komputer

Belajar Komputer (Input Devices) | Perangkat input memungkinkan pengguna untuk mengirim data, informasi atau mengontrol sinyal ke komputer. Unit pemrosesan pusat komputer menerima input dan memprosesnya untuk menghasilkan output.

Beberapa perangkat input pada komputer yang populer adalah:
  • Keyboard
  • Mouse
  • Scanner
  • Joystick
  • Pena Cahaya
  • Trackball (Lacak bola)
  • Digitizer
  • Mikropon
  • Pengenalan Karakter Tinta Magnetik (MICR)
  • Pembaca Karakter Optik (OCR)


Keyboard

Macam -Macam Perangkat Masukan (Input Devices) Pada Komputer

Keyboard komputer adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan karakter dan fungsi ke dalam sistem komputer dengan menekan tombol. Ini adalah perangkat utama yang digunakan untuk memasukkan teks. Keyboard biasanya berisi kunci untuk masing-masing huruf, angka dan karakter khusus, serta tombol untuk fungsi-fungsi tertentu. Keyboard terhubung ke sistem komputer menggunakan kabel atau koneksi nirkabel.

Mouse


Macam -Macam Perangkat Masukan (Input Devices) Pada Komputer

Mouse adalah perangkat input kecil genggam yang mengontrol kursor atau penunjuk layar komputer dalam hubungannya dengan cara digerakkan pada permukaan yang datar. Nama istilah tikus berasal dari keserupaannya dengan perangkat kecil berbentuk tali dan elips yang terlihat seperti ekor tikus. Beberapa perangkat mouse memiliki fitur terintegrasi, seperti tombol tambahan yang dapat diprogram dan ditetapkan dengan perintah yang berbeda.

Karena mouse mengurangi penggunaan keyboard, penemuannya dan inovasi berkelanjutan dianggap sebagai salah satu terobosan paling penting dalam ergonomi komputer.

Scanner

Macam -Macam Perangkat Masukan (Input Devices) Pada Komputer

Prinsip dasar pemindai adalah menganalisis gambar dan mereproduksinya ke digital menggunakan teknik pengenalan karakter optik.

Fitur yang menonjol dari scanner termasuk:

  • Reliabilitas - Tidak seperti bentuk transmisi data tertentu, pemindaian hanya melibatkan pengalihan gambar keras ke bentuk digital. Peran pengguna akhir terbatas dalam hal pemindaian. Dan karena mereka tidak bergantung pada komunikasi dua arah, mereka juga dapat membantu dalam menyimpan informasi penting atau mentransmisikan informasi penting.
  • Efisiensi - Pemindai modern dibangun untuk efisiensi dan kecepatan. Dan itu datang dengan kemudahan penggunaan serta kenyamanan.
  • Kualitas - Pemindaian memastikan resolusi terbaik untuk gambar digital. Dibandingkan dengan mesin faks, yang mungkin merasa sulit untuk mereproduksi rincian akurat, pemindai dapat mereproduksi gambar dengan resolusi tinggi dan presisi. Mereka sangat berguna untuk arena fotografi dan teknik.
  • Penghematan biaya - Salah satu keuntungan terbesar dari pemindaian adalah penggantian file fisik / formulir dengan yang digital. Seiring dengan penghematan ruang fisik, yang harus digunakan untuk penyimpanan, ada juga manfaat lingkungan dengan menggunakan pemindai.

Joystick


Joystick banyak digunakan ketika ada kebutuhan untuk melakukan penunjukan langsung atau ketika fungsi yang tepat diperlukan. Ada berbagai jenis joystick seperti joystick pengganti, joystick yang dioperasikan dengan tangan, joystick yang dioperasikan jari, joystick yang dioperasikan dengan jari / jari tangan, joystick isometrik yang dioperasikan dengan tangan, dll.

Mirip dengan mouse dalam gerakan dan penggunaan, joystick juga menyertakan tombol, kadang-kadang dikenal sebagai pemicu. Perbedaan antara mouse dan joystick sebagian besar didasarkan pada fakta bahwa kursor / kursor meneruskan gerakan ke arah joystick kecuali dijaga tetap tegak, sedangkan mouse mencegah kursor dari gerakan lebih lanjut sampai dipindahkan.

Salah satu keunggulan joystick yang terlihat adalah kemampuannya untuk menyediakan interaksi cepat, yang sangat dibutuhkan dalam aplikasi game. Joystick menyediakan pengalaman bermain yang sangat dibutuhkan, yang lebih baik dalam kualitas dibandingkan dengan yang disediakan oleh perangkat input lainnya. Ini memiliki desain yang sederhana dan mudah dipelajari dan digunakan. Seringkali murah.

Joystick, bagaimanapun, tidak mudah ditangani ketika memilih opsi dari layar dan bukan perangkat input yang disukai dalam kasus seperti itu. Beberapa joystick membatasi arah gerakan ke depan, kiri, kanan dan belakang, dan tidak menawarkan gerakan diagonal atau lateral. Sekali lagi, joystick tidak sekuat perangkat input lainnya, dan, terkadang, pengguna merasa sulit untuk mengontrol dibandingkan dengan perangkat input lainnya seperti mouse.


Light pen (Pena Cahaya)

Macam -Macam Perangkat Masukan (Input Devices) Pada Komputer

Light Pen dapat dianggap sebagai awal mula untuk teknologi layar sentuh dan pertama kali diciptakan pada tahun 1955 sebagai bagian dari Proyek Lusuh Universitas Massachusetts Teknologi (MIT), sebuah komputer militer tabung hampa Perang Dingin. Pena memungkinkan pengguna untuk secara tepat memilih piksel individu di layar dan untuk menggambar dan berinteraksi dengan elemen menu dengan cara yang sama seperti pengguna berinteraksi dengan layar sentuh. Pena cahaya menjadi umum pada 1960-an pada terminal grafis seperti IBM 2250 dan juga tersedia untuk terminal teks saja. Ini juga menjadi populer selama tahun 1980 untuk komputer rumah seperti Atari dan Commodore 8-bit komputer. Namun, konsep pengoperasian pena cahaya tidak kompatibel dengan layar LCD modern dan, akibatnya, perangkat input akhirnya mati.

Pena cahaya bekerja dengan mendeteksi perubahan kecerahan piksel di dekatnya, yang menunjukkan bahwa sinar elektron CRT adalah pemindaian di daerah itu; kemudian mengirimkan waktu acara ini ke komputer, yang kemudian membandingkan informasi ini dengan stempel waktu pemindaian terakhir oleh berkas elektron, memungkinkan komputer untuk menyimpulkan lokasi pena yang tepat.

Trackball (Lacak bola)

Macam -Macam Perangkat Masukan (Input Devices) Pada Komputer

Trackball adalah perangkat input yang terdiri dari bola menonjol yang terbuka yang dipegang oleh soket yang memiliki sensor untuk mendeteksi rotasi bola.

Biasanya ada satu atau dua tombol yang disediakan dengan trackball yang memiliki kemampuan yang sama seperti tombol klik pada mouse. Tidak seperti perangkat input lain yang membutuhkan gerakan seperti mouse, trackball tidak bergerak dan tidak memerlukan banyak ruang. Ia juga dapat bekerja pada sebagian besar permukaan yang merupakan keuntungan besar dibandingkan dengan perangkat input lainnya.

Digitizer



Macam -Macam Perangkat Masukan (Input Devices) Pada Komputer

Tablet digitizer (juga dikenal sebagai digitizer atau tablet grafis) adalah alat yang digunakan untuk mengkonversi gambar yang digambar dengan tangan ke dalam format yang cocok untuk pemrosesan komputer. Gambar biasanya ditarik ke permukaan datar dengan stylus dan kemudian muncul di monitor atau layar komputer. Tablet Digitizer juga dapat digunakan sebagai perangkat input, menerima informasi yang direpresentasikan dalam gambar dan mengirim output ke aplikasi CAD (Computer Aided Design) dan perangkat lunak berbasis PC seperti AutoCAD.

Digitizers sering digunakan bersama dengan perangkat lunak lepas landas karena mereka dapat dengan cepat mengukur, mentransfer dan jumlah toko dilihat pada cetak biru. Manfaat tambahan ditemukan dalam fitur seperti daftar dimensi, yang dapat disimpan dan digunakan untuk taksiran di masa mendatang.



Mikropon

Macam -Macam Perangkat Masukan (Input Devices) Pada Komputer

Mikrofon adalah perangkat yang menerjemahkan getaran suara di udara menjadi sinyal elektronik atau menuliskannya ke media perekam. Mikrofon memungkinkan banyak jenis perangkat perekam audio untuk tujuan termasuk komunikasi dari berbagai jenis, serta musik dan rekaman pidato.

Sering, mikrofon dirancang untuk tujuan tertentu. Salah satu pertimbangan utama, selain dari jenis perangkat, adalah apa yang sedang direkam. Directionality of microphones adalah salah satu pertimbangan dalam desain mikrofon. Mikrofon omnidirectional cocok untuk merekam semua suara di suatu daerah tetapi miskin untuk fokus pada satu subjek di antara kebisingan latar belakang. Mikrofon directional, bidirectional, dan shotgun cocok untuk wawancara. Namun, efek yang sama sering dicapai dengan dua perangkat searah, seperti mikrofon cardioid.



Pengenalan Karakter Tinta Magnetik (MICR)

Magnetic Ink Character Recognition

Magnetic Ink Character Recognition adalah sistem pengenalan karakter yang menggunakan tinta dan karakter khusus. Ketika sebuah dokumen yang berisi tinta ini perlu dibaca, ia melewati sebuah mesin, yang menarik tinta dan kemudian menerjemahkan informasi magnetik ke dalam karakter.

Teknologi MICR digunakan oleh bank. Angka dan karakter yang ditemukan di bagian bawah cek (biasanya berisi nomor cek, nomor urut, dan nomor akun) dicetak menggunakan Tinta Magnetik. Untuk mencetak kebutuhan Tinta Magnetik, Anda memerlukan printer laser yang menerima toner MICR.

MICR menyediakan metode pemindaian dan pemrosesan informasi berkecepatan tinggi yang aman.



OCR (Pembaca Karakter Optik)
Macam -Macam Perangkat Masukan (Input Devices) Pada Komputer

Singkatan dari "Optical Character Recognition" OCR adalah teknologi yang mengenali teks dalam gambar digital. Ini biasanya digunakan untuk mengenali teks dalam dokumen yang dipindai, tetapi juga melayani banyak tujuan lain.

Perangkat lunak OCR memproses gambar digital dengan menempatkan dan mengenali karakter, seperti huruf, angka, dan simbol. Beberapa perangkat lunak OCR hanya akan mengekspor teks, sementara program lain dapat mengonversi karakter ke teks yang dapat diedit langsung di dalam gambar. Perangkat lunak OCR tingkat lanjut dapat mengekspor ukuran dan format teks serta tata letak teks yang ditemukan di halaman.

Teknologi OCR dapat digunakan untuk mengonversi hard copy dokumen menjadi versi elektronik (atau soft copy. Misalnya, jika Anda memindai dokumen multi halaman menjadi gambar digital, seperti file TIFF, Anda dapat memuat dokumen ke OCR program, yang akan mengenali teks dan mengkonversi dokumen ke file teks yang dapat diedit. Beberapa program OCR memungkinkan Anda untuk memindai dokumen dan mengubahnya menjadi dokumen pengolah kata dalam satu langkah.

Meskipun teknologi OCR awalnya dirancang untuk mengenali teks tercetak, teknologi ini dapat digunakan untuk mengenali dan memverifikasi teks tulisan tangan juga. Misalnya, layanan pos seperti USPS menggunakan perangkat lunak OCR untuk memproses surat dan paket secara otomatis berdasarkan alamat. Algoritma memeriksa informasi yang dipindai terhadap basis data dari alamat yang ada untuk mengkonfirmasi alamat surat. Aplikasi Google Terjemahan menyertakan teknologi OCR yang berfungsi dengan kamera perangkat Anda. Ini memungkinkan Anda menangkap teks dari dokumen, majalah, tanda, dan objek lain dan menerjemahkannya ke bahasa lain secara real-time.

No comments:

Post a Comment