Breaking

Pengertian, Kegunaan dan contoh mengenai JavaScript

Pengertian, Kegunaan dan contoh mengenai JavaScript | Tutorial JavaScript untuk pemula dan profesional adalah solusi dari halaman dinamis sisi klien. JavaScript adalah bahasa scripting berbasis objek yang ringan dan lintas platform.

Pengertian, Kegunaan dan contoh mengenai JavaScript

JavaScript tidak dikompilasi tetapi diterjemahkan. Penerjemah JavaScript (tertanam dalam browser) bertanggung jawab untuk menerjemahkan kode JavaScript.

Di mana JavaScript digunakan
JavaScript digunakan untuk membuat situs web interaktif. Ini terutama digunakan untuk:
  • Validasi sisi-klien
  • Menu drop-down dinamis
  • Menampilkan data dan waktu
  • Menampilkan jendela popup dan kotak dialog (seperti kotak dialog peringatan, konfirmasi kotak dialog dan kotak dialog prompt)
  • Menampilkan jam dll
Contoh JavaScript
<h2>Welcome to JavaScript</h2>
<script>  
document.write("Hello JavaScript by Tutorialankha");
</script>

maka outpunya  akan muncul tulisan
Welcome to JavaScript

Hello JavaScript by Tutorialankha

Prasyarat
Sebelum mempelajari JavaScript, Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang HTML . HTML adalah bahasa komputer yang dirancang untuk memungkinkan pembuatan situs web. Situs web ini kemudian dapat dilihat oleh orang lain yang terhubung ke Internet. Hal ini relatif mudah dipelajari, dengan dasar-dasar yang dapat diakses oleh kebanyakan orang dalam satu duduk; dan cukup kuat dalam hal ini memungkinkan Anda untuk membuat. Hal ini terus-menerus mengalami revisi dan evolusi untuk memenuhi tuntutan dan persyaratan dari khalayak Internet yang berkembang di bawah arahan »W3C, organisasi yang dibebankan dengan merancang dan mempertahankan bahasa.

No comments:

Post a Comment