Breaking

Pembahasan mengenai Jenis - Jenis Komputer

Jenis Komputer | Pada Pembahasan sebelumnya telah kita jelaskan mengenai Apa Yang dimaksud dengan Komputer (Pengertian Komputer) dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Jenis - Jenis Komputer Kita dapat mengelompokkan komputer dengan dua cara: kemampuan dan ukuran penanganan data.


Berdasarkan kemampuan penanganan data, komputer terdiri dari tiga jenis:

  • Komputer Analog
  • Komputer Digital
  • Komputer Hybrid

1) Komputer Analog
Sebelumnya kita juga sudah membahas mengenai Gambaran dan pengertian Komputer Analog
Komputer analog dirancang untuk memproses data analog. Data analog adalah data kontinu yang berubah terus menerus dan tidak dapat memiliki nilai diskrit seperti kecepatan, suhu, tekanan dan arus.

Komputer analog mengukur perubahan terus-menerus dalam kuantitas fisik dan umumnya menghasilkan output sebagai pembacaan pada dial atau skala.

Komputer analog secara langsung menerima data dari alat pengukur tanpa terlebih dahulu mengubahnya menjadi angka dan kode.

Speedometer dan termometer merkuri adalah contoh komputer analog.

2) Komputer Digital

Komputer digital dirancang untuk melakukan perhitungan dan operasi logis dengan kecepatan tinggi. Ia menerima data mentah sebagai angka atau angka dan memprosesnya dengan program yang disimpan dalam memorinya untuk menghasilkan output. Semua komputer modern seperti laptop dan desktop yang kami gunakan di rumah atau kantor adalah komputer digital.

3) Komputer Hybrid

Komputer hibrida memiliki fitur dari komputer analog dan digital. Ini cepat seperti komputer analog dan memiliki memori dan akurasi seperti komputer digital. Ini dapat memproses data kontinyu dan diskrit. Jadi ini banyak digunakan dalam aplikasi khusus di mana data analog dan digital diproses. Misalnya, prosesor digunakan dalam pompa bensin yang mengubah pengukuran aliran bahan bakar menjadi kuantitas dan harga.

Berdasarkan ukuran, komputer dapat terdiri dari lima jenis:

1) Superkomputer
Superkomputer adalah komputer terbesar dan tercepat. Mereka dirancang untuk memproses sejumlah besar data. Superkomputer dapat memproses triliunan instruksi dalam hitungan detik. Ini memiliki ribuan prosesor yang saling berhubungan.

Superkomputer secara khusus digunakan dalam aplikasi ilmiah dan teknik seperti prakiraan cuaca, simulasi ilmiah dan penelitian energi nuklir. Superkomputer pertama dikembangkan oleh Roger Cray pada tahun 1976.

2) Komputer mainframe
Komputer mainframe dirancang untuk mendukung ratusan atau ribuan pengguna secara bersamaan. Mereka dapat mendukung beberapa program pada saat yang bersamaan. Itu berarti mereka dapat melakukan proses yang berbeda secara bersamaan. Fitur-fitur ini dari komputer mainframe membuat mereka ideal untuk organisasi besar seperti perbankan dan sektor telekomunikasi, yang perlu mengelola dan memproses volume data yang tinggi.

3) komputer Miniframe
Ini adalah komputer multiprocessing menengah. Ini terdiri dari dua atau lebih prosesor dan dapat mendukung 4 hingga 200 pengguna sekaligus. Komputer Miniframe digunakan di institut dan departemen untuk tugas-tugas seperti penagihan, akuntansi, dan manajemen persediaan.

4) Workstation
Workstation adalah komputer pengguna tunggal yang dirancang untuk aplikasi teknis atau ilmiah. Ini memiliki mikroprosesor yang lebih cepat, sejumlah besar RAM dan adaptor grafis berkecepatan tinggi. Pada umumnya melakukan pekerjaan tertentu dengan keahlian luar biasa; karena itu, mereka dari berbagai jenis seperti workstation grafis, workstation musik dan workstation desain teknik.

5) Mikrokomputer
Microcomputer juga dikenal sebagai komputer pribadi. Ini adalah komputer tujuan umum yang dirancang untuk penggunaan individual. Ini memiliki mikroprosesor sebagai unit pemrosesan pusat, memori, area penyimpanan, unit input dan unit output. Laptop dan komputer desktop adalah contoh mikrokomputer.

No comments:

Post a Comment