Breaking

Gambaran dan pengertian Komputer Analog

Gambaran dan pengertian Komputer Analog | Komputer Analog, salah satu kelas perangkat di mana kuantitas fisik yang terus berubah seperti potensial listrik, tekanan fluida, atau gerak mekanis direpresentasikan dengan cara yang analog dengan kuantitas yang sesuai dalam masalah yang harus dipecahkan. Sistem analog diatur sesuai dengan kondisi awal dan kemudian diizinkan untuk berubah secara bebas. Jawaban untuk masalah diperoleh dengan mengukur variabel dalam model analog.

Gambaran dan pengertian Komputer Analog

Komputer analog paling awal adalah mesin tujuan khusus, seperti misalnya prediktor pasang yang dikembangkan pada tahun 1873 oleh William Thomson (yang kemudian dikenal sebagai Lord Kelvin). Sepanjang garis yang sama, A.A. Michelson dan S.W. Stratton dibangun pada 1898 analisa harmonik (q.v.) memiliki 80 komponen. Masing-masing mampu menghasilkan gerakan sinusoidal, yang dapat dikalikan dengan faktor konstan dengan penyesuaian titik tumpu pada tuas. Komponen ditambahkan dengan menggunakan pegas untuk menghasilkan resultan. Tonggak lain dalam pengembangan komputer analog modern adalah penemuan apa yang disebut penganalisis diferensial pada awal 1930-an oleh Vannevar Bush, seorang insinyur listrik Amerika, dan rekan-rekannya. Mesin ini, yang menggunakan integrator mekanis (gigi kecepatan variabel) untuk memecahkan persamaan diferensial, adalah perangkat praktis pertama dan dapat diandalkan dari jenisnya.

Kebanyakan komputer analog elektronik saat ini beroperasi dengan memanipulasi perbedaan potensial (voltase). Komponen dasar mereka adalah penguat operasional, perangkat yang arus keluarannya sebanding dengan perbedaan potensial masukannya. Dengan menyebabkan arus keluaran ini mengalir melalui komponen yang sesuai, perbedaan potensial lebih lanjut diperoleh, dan berbagai macam operasi matematika, termasuk inversi, penjumlahan, diferensiasi, dan integrasi, dapat dilakukan pada mereka. Sebuah komputer analog elektronik yang khas terdiri dari banyak jenis amplifier, yang dapat dihubungkan sedemikian rupa sehingga membentuk ekspresi matematis, kadang-kadang sangat rumit dan dengan banyak variabel.

Komputer analog sangat cocok untuk mensimulasikan sistem dinamis; simulasi semacam itu dapat dilakukan dalam waktu nyata atau dengan tingkat akselerasi yang sangat tinggi, sehingga memungkinkan eksperimen dengan pengulangan berulang dengan variabel yang diubah. Mereka telah banyak digunakan dalam simulasi pesawat terbang, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan proses kimia industri. Penggunaan utama lainnya termasuk analisis jaringan hidraulik (misalnya, aliran cairan melalui sistem saluran pembuangan) dan jaringan elektronik (misalnya, kinerja sirkuit jarak jauh).

No comments:

Post a Comment