Breaking

Belajar Komputer | Mengenal Komponen Pada Komputer

Belajar Komputer | Setelah kita belajar mengenai Pembahasan mengenai Jenis - Jenis Komputer Sekarang kita akan membahas untuk Mengenal Komponen Pada Komputer. Semoga dengan belajar hal ini akan menambah wawasan kita dalam mengoprasikan komputer

Belajar Komputer | Mengenal Komponen Pada Komputer


Ada 5 komponen komputer utama yang diberikan dan dijelaskan di bawah ini:

1.Perangkat masukan

Karena perangkat input diarahkan ke interaksi pengguna-komputer, mereka digunakan untuk mengubah tindakan pengguna atau perintah menjadi sinyal elektronik yang dipahami oleh komputer.

Contoh perangkat input meliputi:

Keyboard: Memungkinkan pengguna memasukkan data dan perintah alfanumerik
Menunjuk perangkat dan pengontrol permainan: Memungkinkan pengguna untuk mengarahkan perangkat lunak aplikasi dan berinteraksi dengan antarmuka pengguna grafis
Perangkat audio dan video: Memungkinkan pengguna menangkap suara dan gambar
Masukan juga dapat berasal dari komputer lain melalui perangkat input / output (I / O), seperti adapter jaringan dan perangkat Bluetooth.

2. CPU
Central Processing Unit (CPU) adalah unit yang melakukan sebagian besar pemrosesan di dalam komputer. Untuk mengontrol instruksi dan aliran data dan dari bagian lain dari komputer, CPU sangat bergantung pada chipset, yang merupakan sekelompok microchip yang terletak di motherboard.

CPU memiliki dua komponen:

Unit Kontrol: ekstrak instruksi dari memori dan decode dan mengeksekusinya
Arithmetic Logic Unit (ALU): menangani operasi aritmatika dan logika
Agar berfungsi dengan baik, CPU bergantung pada jam sistem, memori, penyimpanan sekunder, dan bus data dan alamat.

Istilah ini juga dikenal sebagai prosesor pusat, mikroprosesor atau chip.

3. Perangkat Output

Perangkat output memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan pengguna dan dengan perangkat lain. Ini dapat termasuk periferal, yang dapat digunakan untuk tujuan input / output (I / O), seperti kartu antarmuka jaringan (NIC), modem, port IR, sistem RFID dan perangkat jaringan nirkabel, serta perangkat output mekanis, seperti solenoida, motor dan perangkat elektromekanik lainnya.

Beberapa perangkat output yang paling umum yang dikenal orang termasuk monitor, yang menghasilkan keluaran video; speaker, yang menghasilkan output audio; dan printer, yang menghasilkan teks atau keluaran grafis.

4. Memori Utama (Primary Memory)
Memori primer adalah mekanisme penyimpanan volatile sistem komputer. Ini mungkin memori akses acak /  Random Access Memory (RAM), memori cache atau bus data, tetapi terutama terkait dengan RAM.

Segera setelah komputer dihidupkan, memori primer memuat semua aplikasi yang sedang berjalan, termasuk sistem operasi dasar (OS), antarmuka pengguna, dan utilitas perangkat lunak yang diinstal dan dijalankan pengguna. Program / aplikasi yang dibuka di memori utama berinteraksi dengan prosesor sistem untuk melakukan semua tugas spesifik aplikasi.


Memori primer dianggap lebih cepat daripada memori sekunder.

5. Memori Sekunder

Belajar Komputer | Mengenal Komponen Pada Komputer

Memori sekunder terdiri dari semua perangkat penyimpanan permanen atau persisten, seperti memori hanya-baca (ROM), flash drive, hard disk drive (HDD), kaset magnetik dan jenis media penyimpanan internal / eksternal lainnya. Dalam operasi komputasi, memori sekunder diakses hanya oleh memori utama atau utama dan kemudian diangkut ke prosesor.

Memori sekunder lebih lambat dari memori utama tetapi dapat menyimpan dan menyimpan data, meskipun komputer tidak terhubung ke daya listrik. Ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, mulai dari megabyte hingga beberapa terabyte ruang penyimpanan dalam memori tunggal.

Komponen komputer
Operasi komponen komputer diberikan di bawah ini:

1) Memasukkan/Inputting: Ini adalah proses memasukkan data mentah, instruksi dan informasi ke komputer. Ini dilakukan dengan bantuan perangkat input.

2) Menyimpan/Storing: Komputer memiliki memori utama dan penyimpanan sekunder untuk menyimpan data dan instruksi. Ini menyimpan data sebelum mengirimnya ke CPU untuk diproses dan juga menyimpan data yang diproses sebelum menampilkannya sebagai output.

3) Memproses/Processing: Ini adalah proses mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna. Proses ini dilakukan oleh CPU komputer. Ia mengambil data mentah dari penyimpanan, memprosesnya dan kemudian mengirim kembali data yang diproses ke penyimpanan.

4) Output: Ini adalah proses penyajian data yang diproses melalui perangkat output seperti monitor, printer dan speaker.

5) Pengendalian: Operasi ini dilakukan oleh unit kontrol yang merupakan bagian dari CPU. Unit kontrol memastikan bahwa semua operasi dasar dijalankan dengan cara dan urutan yang benar.

No comments:

Post a Comment