Breaking

Memulai dengan mengenal Pemrograman Android

Memulai dengan mengenal Pemrograman Android | Selamat berjumpa kembali di Tutorialankha.com Setelah menjalankan Hari raya idul Fitri ini semoga kita semua kembali bersih dan suci. Ini merupakan postingan awal setelah menjalakan hari raya Idul Fitri 1439 H. Mohon Maaf Lahir dan batin semua.

Kembali ketopik - Kenyataan bahwa kalian membaca ini, berarti kalian tertarik untuk belajar cara menulis Aplikasi Android dengan cara kalian sendiri. Di dunia saat ini pasar Aplikasi Seluler sedang meledak dan khususnya Android telah muncul dalam waktu yang sangat singkat, memegang posisi teratas melawan pesaing lain seperti iOS, Blackberry, Windows & lainnya.

Setiap teknologi (Operating System) memiliki basis pengguna sendiri tetapi Android telah mampu menjangkau basis pengguna terbesar di dunia. Dalam tutorial pertama ini kita akan melihat, apa itu Android, versinya dan fitur apa yang dimilikinya sejak tahun 2005 yang telah membantunya berada di tempat sekarang? Terakhir, kami juga akan mencoba memahami Arsitektur Android.

Apa itu Android?
Android adalah sistem operasi seluler berbasis Linux yang dimodifikasi yang awalnya dimulai oleh Android Inc. dengan nama yang sama. Pada tahun 2005, Google mengakuisisi Android dan mengambil alih pekerjaan pengembangannya untuk memasuki ruang seluler.

Sebagai bagian dari raksasa teknologi terbesar di dunia, Android dibuat sebagai sumber terbuka dan gratis; maka sebagian besar kode sumber Android dirilis di bawah lisensi Apache open source. Yang memungkinkan siapa pun untuk mengunduh kode sumber dan mengubahnya sesuai kebutuhan mereka, maka mereka dapat memiliki rasa mereka sendiri dari sistem operasi Android, Misalnya: Cynogen, MIUI (oleh Xiaomi) dll hanya rasa yang berbeda dari OS Android.

Selama pengembangan, pengembang harus mengkode hanya pada tingkat Perangkat Lunak, menambahkan fitur baru, memodifikasi pengalaman pengguna, dll, meninggalkan kekhawatiran konfigurasi perangkat yang berbeda, dan integrasi perangkat keras / perangkat lunak, yang membuat Pengembangan Aplikasi Android untuk seluler menjadi lebih mudah.

Versi Android
Sejak rilis, Android telah melalui sejumlah pembaruan. Berikut adalah daftar versi yang berbeda dan nama kode mereka:
Gambar Versi Android 2008-2017

Fitur Android
Sebagai sumber terbuka dan perangkat lunak yang tersedia secara bebas, produsen dan pengembang melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan mereka, sehingga tidak ada konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak khusus yang diperlukan untuk Android. Android sendiri menawarkan beberapa fitur seperti di bawah ini,
  • Penyimpanan: Menggunakan SQLite, penyimpanan basis data relasional ringan untuk penyimpanan data (sangat membantu ketika penyimpanan memori seluler terbatas harus dipertimbangkan).
  • Dukungan Media: Sertakan dukungan untuk sejumlah besar format media untuk Gambar, Audio serta untuk Video, seperti: H.263, H.264, MPEG-4 SP, AMR, AMR WB, AAC, MP3, MIDI, WAV, JPEG , PNG, GIF & BMP.
  • Perpesanan: Baik SMS dan MMS didukung.
  • Web Browser: Berdasarkan Open Source WebKit, sekarang dikenal sebagai Chrome.
  • Konektivitas: Mendukung kelompok besar jaringan seperti: GSM / EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, WiFi, LTE, dan WiMAX.
  • Dukungan Perangkat Keras: Sensor Accelerometer, Kamera, Kompas Digital, Sensor Jarak & GPS dan banyak lagi.
  • Multi-Touch: Mendukung layar multi-touch.
  • Multi-Task: Mendukung multi-tasking aplikasi.
  • Dukungan Flash: Mendukung Flash.
  • Tethering: Mendukung berbagi Internet sebagai hotspot kabel atau nirkabel.

Demikianlah pembahasan mengenai  Memulai dengan mengenal Pemrograman Android semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian dalam memulai pengembangan android ini. Wassalam dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment