Breaking

Jenis Virus yang ada pada Komputer dan Cara Mengatasinya

Tutorial Ankha | Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Jenis Virus yang ada pada Komputer dan cara mengatasinya


Cara kerja


Virus komputer pada umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.



Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:
1. Worm
Worm ini merupakan jenis VIrus yang menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu. Parahnya Virus Worm ini dapat mendisable fungsi Task Manager, Run Command, dan merubah Registry Windows dan dapat mengubah atau merusak file/program komputer.

Bantuan : 
Cara yang cukup ribet untuk mengatasi / membersihkan virus ini jika Sobat tidak menggunakan antivirus premium.

  • Gunakan Tools Combo Fix (silahkan cari di google untuk mendownload Combo Fix) setelah itu jalankan progam tersebut. Sobat Perlu Perhatikan " Jangan Jalankan Program / Aplikasi Lain Saat akan atau saat menjalankan Combofix ini.
  • Setelah itu klik Start - Run ketik " Regedit " (Tanpa tanda Kutp ("))
  • Masuk Ke HKEY_CURRENT_USER/Sofware/Microsoft/Windows/Current Version/Run**--->klik tanda + disampingnya. Setelah itu cari file2 asing -->>bukan sebuah system windows / system file program / aplikasi penting yang Sobat gunakan<-- klik kanan dan Delete -->>lebih perhatikan ke file yg berbasis visual Basic / VBS <--
  • Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/Current Version/Run
  • Lakukan hal yang sama dengan langkah  3. "WARNING" berhati-hatilah dalam melakukan proses Delete ini karena jika salah-salah malah akan merusak system komputer sobat.
  • Lakukan Scan Dengan Antivirus yang Terupdate.
  • Hapus Semua Shortcut yang dibuat oleh virus hati-hati dalam melakukan pembersihan ini -->> Jangan Sampai Shortcut terbuka/open Kembali atau terdouble klik<-- . Hapus secara permanen dengan memencet Shfit + Delete di keyboard Sobat.
  • Restart komputer Sobat dan pastikan semua system yang tadi terdisable berfungsi kembali
2. Trojan
Virus Trojan ini Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.

Bantuan :
Berikut adalah cara menyingkirkan Trojan dari komputer.

1. Update Software Pelindung
  • Pastikan bahwa semua perangkat lunak anti-virus dan spyware selalu up to date.
  • Jika tidak memiliki anti-virus, Sobat dapat membeli salah satu atau men-download antivirus gratis seperti Avast, AVG dan Eset Smart Scurty.
  •  Lakukan scan menyeluruh untuk mendeteksi, mengisolasi, dan menghapus semua file berbahaya.
  • Lakukan pemeriksaan kedua dengan Trend Micro Housecall untuk memeriksa adanya Trojan yang terlewatkan oleh program anti-virus
2. Periksa Background Program
  • Klik “control”, “alt” dan “delete” secara bersamaan untuk membuka task manager. Di sini Sobat bisa melihat semua program yang berjalan pada komputer di background (latar belakang).
  • Jika Sobat melihat ada program aneh yang terbuka padahal Anda tidak melakukan apapun, segera tulis dan lakukan penyelidikan.
  • Jika program tersebut bukan merupakan bagian dari sistem operasi dan Anda tidak merasa menginstal, segera hapus.  Caranya, buka control panel dan pilih “add/delete” program. Cari program mencurigakan yang telah dicatat sebelumnya dan segera hapus.

3. Memformat Hardrive

Jika semua upaya untuk mengisolasi atau menghapus Trojan gagal, ada kemungkinan Anda perlu memformat hardrive (harddisk).

Memformat berarti akan menghapus semua file dalam komputer. Nampak menakutkan memang, tapi cara ini akan menjamin komputer Anda terbebas dari Trojan.

Sebelum memformat, salin (back up) file yang belum terinfeksi. Setelah diformat, komputer Anda dijamin terbebas dari Trojan
3. Spyware

Virus yang memantau komputer yang terinfeksi. Banyak program spy removal yang beredar saat ini untuk menanggulangi masalah seperti ini. Tetapi program apa yang paling manjur untuk menghilangkan spyware?. Setelah bermain-main dengan mencoba berbagai program spy removal yang ada saat ini, akhirnya saya menemukan software yang bagus yang dapat menghilangkan semua spyware di komputer saya. Mudah-mudahan ini dapat membantu saudara, apalagi cara ini bisa didapatkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

  • Software pertama adalah SpyBot Search & Destroy . Anda dapat men-download-nya di http://www.safer-networking.org. Install software ini dan update database-nya dengan menekan tombol 'search for update'. Tekan tombol 'Search for Problems' dan hapus program yang ditemukannya. Reboot komputer anda.
  • Software yang kedua adalah Ad-aware keluaran Lava-Soft (http://www.lavasoftusa.com). Download free version-nya dan install dikomputer anda. Seperti sebelumnya, update dulu database-nya dan jalankan. Hapus semua program yang ditemukannya dan reboot komputer anda.

Untuk lebih amannya ulang kedua langkah diatas sekali lagi sampai semua spyware yang ada di komputer tidak ditemukan lagi. Anda dapat menjalankan program ini dan meng-update database-nya paling tidak seminggu sekali.

Program ini bisa sampai di komputer kita karena setting security di komputer kita terlalu rendah. Beberapa langkah dibawah dapat membantu supaya masalah seperti ini tidak terulang kembali:

Tentnag Virus Ini

  1. Hati-hati dengan program-program yang sobat install. Banyak program download seperti Kazaa, Imesh dlsb. yang menginstall software lainnya yang dapat membuat komputer anda lambat dan bahkan dapat mebuat komputer and crash.
  2. Update komputer sobat dengan patch yang disediakan Microsoft. Di Internet Explorer, buka Tools > Windows Update > Product Update dan install semua security update yang ada. Penting untuk meng-update security fixes ini secara regular. Update juga Java VM karena banyak juga program yang menggunakannya.
  3. Di Internet Explorer, klik Tools > Internet Options > Security > Internet. Tekan tombol 'default' dan tekan 'OK'. Sekarang tekan 'Custom Level'. Untuk 'ActiveX', pilih 'prompt' untuk 'Download signed and unsigned ActiveX control'. Pilih 'disable' untuk 'Download unsigned ActiveX controls' dan 'Initialize and script ActiveX control'.

Jika sobat sedang menggunakan internet, anda mungkin akan ditanya apabila ada software yang mau di install di komputer sobat. Untuk websites yang and sudah ketahui dan percayai anda dapat memindahkannya ke 'Trusted Zone' di Internet option > security.
4. Rogue
Virus Rogue ini merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
5. Rootkit 

Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.  Rootkit adalah sebuah virus yang adalah di dalam kotak folder (dapat berupa malware) yang mengakar dan tertanam di dalamnya. Rootkit juga berfungsi untuk menyembunyikan proses, file dan data system yang bernaung di system operasi. Rootkit sering mengubah bagian dari system operasi dan juga menginstall dirinya sendiri sebagai driver ataupun modul kernel.

Jika dibandingkan dengan malware virus rootkit terbilang lebih berbahaya karena rootkit dapat mencuri data yang berlalu-lalang di jaringan, merekam penekanan tombol keyboard atau mouse (seperti keylogger), mencuri cookies akun bank agar mendapatkan username dan password.

Cara kerja rootkit adalah Menyusup dan bersembunyi. menyusup dan bersembunyi tanpa diketahui dan disadari oleh user merupakan keahlian dari rootkit.

Seperti halnya virus-virus lain Rootkit memiliki banyak jenis yaitu:

Application Rootkit, adalah rootkit yang dibuat dengan memodifikasi angka binary dari sebuah aplikasi secara langsung.
Library rootkit, Ini merupakan rootkit yang menyasar library. Library sendiri adalah file seperti sebuah pustaka fungsi yang telah dikumpulkan menjadi satu dengan maksud untuk memermudah programmer dalam membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi.
Kernel Rootkit, merupakan jenis rootkit yang lebih mengerikan dari jenis sebelumnya. Kernel rootkit berjalan pada level kernel (modus tak terproteksi).
Bootloader Rootkit, adalah Adalah jenis rootkit yang bersemayam pada MBR (Master Boot Records), sehingga mampu mengendalikan jalannya booting sistem operasi.
Hypervisor Level Rootkit, adalah  jenis rootkit yang mampu memvirtualisasikan sistem operasi asli sehingga menjadi guest operating system, sehingga seluruh kendali pada sistem operasi dapat diambil alih oleh rootkit jenis ini. BIOS rootkit merupakan rootkit paling mengerikan yang berada pada level paling dalam, hidup di lingkungan firmware dan mulai aktif ketika semua aktifitas inisialisasi awal komputer terjadi.

Untuk Virus ini silahkan sobat cari dan download aplikasi Anti Rookit Utilty untuk menghapusnya dan jalankan
6. Polymorphic virus 

Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
7. Metamorphic virus 

Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
8. Backdoor

Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. misal game.

Mencegah virus

Pada dasarnya Cara Mengatasi Virus computer yang telah menyebar didalam perangkat computer kita, dapat kita hilangkan atau bagi computer yang belum terjangkit virus dapat kita cegah penyebarannya didalam perangkat computer kita dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus yang telah menjangkit computer kita. Virus computer ini dapat dihapus dengan basis data (database/Signature-based detection), heuristic atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah virus, berikut ini akan disajikan hal-hal tersebut.

Membuat orang paham terhadap risiko virus,
Katakan kepada semua orang bahwa mereka selalu dalam risiko ketika membuka e-mail, membuka attachment e-mail, download file dari suatu situs atau saling bertukar disket. Mereka harus mengerti bahwa bahaya virus ada dimana-mana dan berhati-hatilah.

Install program anti-virus dan update-lah secara reguler
Program anti-virus dapat mendeteksi dan terkadang mampu untuk membasmi virus. Jika program tersebut menawarkan on-access scanner, segera saja gunakan fasilitas tersebut.

Selalu gunakan software patch untuk menutup lubang security
Selalu monitor perkembangan patch untuk sistem operasi yang Anda gunakan. Jika ada yang baru segera di-download dan jalankan agar menutup lubang security yang ada pada komputer Anda. Ini akan membuat virus sedikit sulit untuk menyebar.

Gunakan firewall
Sebuah firewall mampu untuk mencegah akses ilegal ke sistem komputer atau jaringan Anda. Ini juga bisa mencegah penyebaran virus secara cepat ke dalam jaringan.

Selalu backup secara reguler data Anda,
Selalu buatlah backup untuk semua data yang ada pada komputer Anda. Pilihlah data dan program yang Anda anggap penting dan lakukan backup secara reguler. Jika sewakti-waktu komputer Anda terinfeksi virus maka Anda masih bisa melakukan restore dengan data dan program yang bersih.

Demikian Pembahasan Jenis Virus yang ada pada Komputer dan Cara Mengatasinya, Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment