Breaking

Cara Mengatasi Masalah Partisi GPT yang tidak dapat menginstal Windows

Tutorial Ankha | Cara Mengatasi Masalah Partisi GPT yang tidak dapat menginstal Windows - Salam hangat kepada kawan-kawan sobat dari Tutorial Ankha yang tidak patah semangat untuk ingin selalu mau belajar dan semoga sukses. kali ini Tutorial Ankha ingin membagi sedikit ilmu tentang cara Mengatasi Masalah Partisi GPT yang tidak dapat menginstal Windows.

Hardisk Murupakan sebuah dari salah satu komponen perangkat keras atau yang biasa sering disebut dengan hardware yang merupakan pendukung pendukung dari komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data-data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia atau pengguna (user). Karekteristik dari hardisk ini biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data – data tersimpan, hardisk bersifat untuk menyimpan data secara paten walaupun jika komputer atau laptop anda matikan data – data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, kecuali anda menghapusnya secara manual atau hardisk terkena virus.

Cara Mengatasi Masalah Partisi GPT yang tidak dapat menginstal Windows
Cara Mengatasi Masalah Partisi GPT yang tidak dapat menginstal Windows
Apa Itu GPT (GUID Partition Table)?

Batasan MBR Disk dan GPT Disk
GPT disk ini hadir atau muncul agar bertujuan yang dimaksudkan untuk menggantikan peran MBR yang masih memiliki beberapa kekurangan pada MBR. Sebuah hardisk tentunya memiliki batasan limit yang bisa dibilang sangat kecil untuk saat ini, yaitu hanya 2,2TB saja. Tentunya kita semua sudah tau kalau saat ini kebutuhan penyimpanan data sangat besar dan akan terus meningkat, selain hal diatas itu sudah banyak produsen hardisk yang menawarkan space lebih dari 2 TB. Akan tetapi percuma saja kalau kita membeli hardisk dengan space lebih dari 2 TB tetapi masih menggunakan MBR. Selain kapasitas, pembagian partisi pada MBR hanya membolehkan 4 tipe primary saja.

GPT disk ini hanya mendukung penyimpanan hingga 9,4 ZB dengan dukungan partisi primary yang bisa mencapai 128 partisi.

Pada MBR, informasi mengenai partisi dan lokasi file sistem operasi ini berada pada sektor yang pertama dari disk tersebut. Baik firmware (perangkat lunak) ataupun sistem operasi, mereka sangat bergantung pada sektor pertama disk tersebut untuk bisa bekerja dengan normal. Namun, dengan model yang seperti ini, jika sektor pertama pada MBR disk ini corrupt, kemungkinan kehilangan akses data bisa terjadi.

Bermaksud mengatasi hal yang sama, GPT ini mengembangkan sistem pengelolaannya. Dalam GPT, informasi mengenai disk ditiru tidak hanya sekali saja bahkan lebih. Nah dengan begitu disk tersebut masih dapat bekerja dengan baik, meskipun sektor pertama disk rusak.

Cara Mengatasi Partisi GPT yang tidak dapat menginstal windows
Dalam permasalahan ini menginstal windows pada laptop merupakan hal yang mudah, akan tetapi ketika kita sementara menginstal laptop sering ditemukan kendala pada laptop-laptop tertentu, apalagi jika kalian sudah tidak bisa lagi masuk ke Windows, dan kalian sudah memformat sistem operasi yang ada pada harddisk kalian.

Salah satu penyebab tidak bisa diinstalnya windows pada harddisk laptop itu dikarenakan harddisk atau partisi skalian berformat GPT (GUID Partition Table), salah satunya cara agar harddisk ini yang berformat GPT bisa diinstal Windows adalah dengan mengubahnya ke format MBR (Master Boot Record). Tanpa perlu berlama-lama dibawah ini saya akan memberikan tutorial cara mengubah harddisk berpartisi GPT menjadi MBR :


  • Pastikan data dihardisk kalian telah di Backup karena syarat menghapus GPT Partision Style adalah menghapus seluruh isi harddisk
  • Langkah selanjutny masuk kebios, Cara masuk bios ini tentunya berbeda pada setiap laptop, ada yang menggunakan F2, F8, dan F10, Del, ataupun F12 silahkan pilih salah satunya
  • Langkah selanjutnya ubahlah Boot mode UEFI menjadi CSM / Legal Boot (Masuk BIOS - Advance - System Configuration - Boot Mode). Jalankan CD instalasi windows
  • Setelah di halaman welcome instalasi, gunakan tombol Shift+F10 (akan tampil cmd administrator)
  • Langkah selanjutnya jika sudah muncul cmd administratornya Ketik "diskpart" (ini untuk memanggil aplikasi diskpart)
  • Langkah selanjutnya Ketik "list disk" (ini berguna untuk menampilkan seluruh list partisi pada hardisk)
  • Lihat partisi disk yang ada tanda bintang (*) pada kolom GPT
  • Langkah selanjutnya ketikan lagi "select disk nomor_disk" (gantilah nomor_disk dengan nomor partisi disk yang ada tanda bintangnya (*) pada kolom GPT)
  • Langkah selanjutnya ketik "clean"
  • Setelah itu exit
  • Kalian dapat melihat gambar dibawah ini untuk mengikuti langkah diatas

Mengatasi Masalah Partisi GPT yang tidak dapat menginstal Windows


Demikian Cara Mengatasi Masalah Partisi GPT yang tidak dapat menginstal Windows ini.
Nah sekarang gimana, gampangkan,

Ohya, langkah selanjutnya ialah silahkan coba kalian memulai untuk menginstal ulang pada komputer atau laptop kalian dan semoga sudah tidak ada lagi kendala pada partisinya. Ok Selamat mencoba dan semoga sukses. See you next time

2 comments:

  1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
    cobain open source project rancangan ane gan >

    IT Tools Pack Solution

    (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

    #SalamSatuTeknologi

    ReplyDelete
  2. Mantab Bang Salam Thanks.. #SalamSatuTeknologi

    ReplyDelete