Breaking

Cara Lengkap dan mudah Membuat Presentasi PowerPoint

Tutorial AnkhaCara Lengkap Membuat Presentasi PowerPoint -  Hai Kawan, kali ini akan admin bagikan sesuai topik diatas, Namun mungkin tidak selengkap yang kalian pikirkan, disini hanya merupakan contoh dan pengenalan sekaligus kalian dapat kalian peraktekan hingga kalian mahir dalam menguunakan satu aplikasi powerpoin ini. Dimana Tutorial ini saya ambil dari Mamuju Komputer dari situs kami yang sebelah yang telah kami pindahkan. 

Penggunaan dari satu aplikasi ini yang didirikan Oleh Microsoft merupakan dari bagian microsoft Office yaitu PowerPoint yang tidak tidak dapat terhitung lagi jumlah orang yang telah menggunakan. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

PowerPoint ini sangat membantu kita untuk Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide, Menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup.Serta mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide dan juga Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer.

Bagaimana Cara Membuat Presentasi di PowerPoint ?
Cara Lengkap Membuat Presentasi PowerPoint
Cara Lengkap Membuat Presentasi PowerPoint

Berikut merupakan langkah-langkah bagaimana membuat presentasi PowerPoint dasar, namun pada langkah-langkah tertentu mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi PowerPoint yang Anda gunakan. Tutorial ini secara khusus menggunakan PowerPoint 2010.


Langkah 1: Buka atau jalankan Program PowerPoint
Halaman awal PowerPoint

Saat menjalankan program PowerPoint, Anda mungkin diminta memilih jenis dokumen yang ingin Anda buat. Pilih untuk membuat presentasi kosong. Jika tidak diminta hal yang demikian, presentasi halaman kosong akan terbuka secara otomatis.


Langkah 2: Memilih Desain

Mamilih Desain


Penerapan Tampilan Dsain


Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih desain atau tema apa yang Anda inginkan untuk ditampiklan di presentasi. Untuk melakukan hal ini, buka tab 'Desain' di bagian atas halaman. Gulir semua pilihan dan pilih mana tema yang terbaik menurut anda untuk tampil dipresentasi. Untuk mendapatkan pratinjau seperti apa desainnya sebelum menerapkannya pada presentasi, arahkan kursor ke desain yang ingin Anda pratinjau. Desain ini akan otomatis tampil pada halaman presentasi Anda. Begitu Anda mengarahkan kursor ke pilihan tampilan dsain,

Anda bisa menambahkan desain yang berbeda dari slide satu ke slide lainnya. Untuk melakukan hal ini, pilih slide yang ingin Anda ubah disain dengan mengkliknya. Ini akan pop-up atau muncul sebagai tampilan slide di sebelah kanan (dalam halaman kerja). Kemudian Anda bisa mengklik kanan desain yang Anda inginkan untuk slide ini dan pilih 'Apply to Selected Slide'. Ini akan muncul di slide itu, tapi tidak akan mengubah desain slide lainnya.


Langkah 3: Buat Judul Halaman

Buat Judul Halaman Presentase


Klik kotak pertama yang bertuliskan 'Click to add Tittle' dan tambahkan judul presentasi Anda. selanjutnya "Click to add subtittle" untuk menambahkan nama Anda, atau subjudul lainnya yang Anda pilih. Begitu Anda memiliki teks Anda di dalam kotak, Anda dapat mengubah font, ukuran, warna, dll dengan pilihan toolbar "Home" di bagian atas.

Anda dapat mengubah ukuran kotak teks dengan memilihnya, lalu menyeret pada sudut kotak atau kolom teks. Untuk memindahkan kotak teks, pilih kotaknya, dan gerakkan panah atau kursor Anda di atas batas kotak. Ikon panah empat akan muncul, dan klik ikon ini jika Anda ingin memindahkan kotak teks ke manapun Anda mau.


Langkah 4: Tambahkan Lebih Banyak Slides
Cara 1 Menambah Slide


Ada beberapa cara untuk menambahkan lebih banyak slide
Cara Pertama : lihat gambar diatas pastikan anda berada di menu 'Home' kemudian Klik 'New Slide'. Tombol ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian atas akan menyisipkan slide baru dengan layout default. Anda juga bisa mengklik bagian bawah tombol ini, yang memungkinkan Anda memilih jenis tata letak yang Anda inginkan. Anda bisa memilih slide dengan dua kotak teks dan judul, satu kotak teks, hanya judul, dan banyak pilihan lainnya. Anda akan melihat slide baru Anda muncul di sebelah kiri di bawah yang pertama, sekaligus menjadi slide tampilan besar sebelah kanan yang bisa Anda edit.

Cara kedua : Perhatikan bahwa ada area terpisah di sebelah kiri layar tempat slide pertama Anda berada. untuk menambahkan slide adalah klik kanan pada mouse di area bawah tempat slide pertama Anda berada dan pilih 'New Slide'.

Cara 2 Menambah slide


Maka Anda akan melihat sebuah slide baru Anda muncul di sebelah kiri di bawah yang pertama, sekaligus menjadi slide besar sebelah kanan yang bisa Anda edit. Desain yang Anda pilih sebelumnya akan dibawa ke slide ini.
Tampilan setalah slide ditambah


Desain akan sama terus sampai akhir slide yang Anda buat. Kecuali jika Anda memutuskan untuk mengubah hanya satu, seperti yang dijelaskan sebelumnya.
Selanjutnya silahkan pilih memasukan Informasi apa yang anda ingin presentasekan..

Langkah 5: Menambahkan Charts, Pictures, Table,Dll

Mengaktifkan ClipArt
Jika Anda ingin memasukkan Chart, gambar, grafik, atau table dan lainnya, klik pada tab/menu 'Insert' di bagian atas jendela kerja lalu pilih 'ClipArt' seperti pada gambar diatas. 
Di sini Anda akan melihat tombol dari semua pilihan  yang dapat Anda masukkan ke slide Anda.
Tampilan ClipArt
Klik kotak yang ditunjuk dan masukkan apa yang ingin Anda miliki pada slide itu Misal (Table, Grafik, Picture/gambar dll)
Insert Picture


Abila kotak Clip Art anda tidak muncul pada lembar halaman seperti gambar yang ditunjukan oleh anak panah pada gambar diatas, silahkan anda gunakan menu Clip Art yang tertera pada Tab/Menu 'Insert'
Tab menu Insert
Dan Anda dapat mengklik salah satu dari ini untuk dimasukkan juga. Begitu Anda memiliki bagan atau gambar Anda, Anda dapat menambahkan batas atau mengeditnya sesuai keinginan Anda Tab/Menu 'Format'.

Langkah 6: Tambahkan Transisi
Menambahkan Transisi

Untuk menambahkan transisi di antara slide Anda, klik tab/menu 'Transitions' di bagian atas halaman (lihat gambar diatas). Di sini Anda dapat menelusuri semua pilihan transisi, dan mengarahkan kursor dan sentuh model transisinya untuk melihat pratinjau. Pilih slide yang Anda inginkan untuk transisi yang diterapkan, lalu klik transisi yang Anda pilih. Anda dapat melakukan ini untuk setiap slide, memilih transisi yang sama atau berbeda.

Langkah 7: Mengubah Urutan



Setelah semua slide dibuat, Anda dapat mengubah urutan slide. Untuk melakukan ini, klik dan seret slide dari tempat mereka berada di tempat yang Anda inginkan sesuai urutan.

Kemungkinan lain, yang sangat berguna jika presentasi Anda lebih lama, adalah dengan mengklik tombol 'Outline' (Lihat gambar diatas). Anda bisa melihat semua slide Anda terlihat lebih kecill. Di sini Anda akan melihat daftar semua slide Anda dan Anda bisa mengklik dan menyeret slide Anda ke tempat yang Anda inginkan.

Langkah 8: Play Presentasi

Play Presentasi

Setelah semua slide Anda selesai dan sesuai keinginan Anda, lihat slideshow Anda. Klik tab 'Slide Show' di bagian atas halaman dan pilih 'From Beginning'. Anda bisa melewati seluruh slideshow Anda, dan mengubah slide dengan mengklik atau menekan tanda panah kanan. Jalan pintas untuk ini adalah menekan F5. Selamat! Anda sekarang telah membuat presentasi PowerPoint.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Lengkap dan mudah Membuat Presentasi PowerPoint ini,  emoga akan menambah wawasan kalian dalam mengaplikasika microsoft office excel ini. Jika kalian masih merasa kesulitan dengan tutorial diatas atau mempunyai masukan silahkan ajkan pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah. Wassalam...

No comments:

Post a Comment